Artikel Terbaru

Arti Gelar-Gelar Maria

Mozaik Maria karya F. Widayanto
[NN/Dok.Pribadi]
Arti Gelar-Gelar Maria
2.5 (50%) 2 votes

HIDUPKATOLIK.comApa arti gelar-gelar Maria dalam Litani Santa Perawan Maria, misalnya Cermin Kekudusan, Takhta Kebijaksanaan, Bejana Ro­hani, Bejana Kebaktian Utama, Benteng Daud, Benteng Gading, Rumah Kencana, Tabut Perjanjian? Mohon penjelasan.
Charles Liyanto, Sintang

Gelar-gelar Maria dalam Litani Santa Perawan Maria yang berasal dari Loreto, Itali, berkaitan dengan nubuat dan gambaran dalam Perjanjian Lama yang menubuatkan peran Bunda Maria dalam karya penyelamatan Kristus. Kebanyakan gelar itu didasarkan pada keibuan dan kesucian Bunda Maria serta keutamaan-keutamaan dan peran Maria sebagai kepanjangan peran Yesus.

Gelar Cermin Kekudusan (Lat: speculum iustitiae yang arti harafiahnya ialah cermin keadilan/kebenaran), hendak menunjukkan bahwa Bunda Maria bagaikan cermin yang memantulkan kebenaran Allah. Hal ini berarti karya Allah yang membenarkan dan menguduskan serta menebus kita, yaitu Yesus Kristus (1 Kor 1:30). Gelar ini merujuk pada kesucian Bunda Maria. Seluruh pribadi Maria mencerminkan keadaan orang yang benar atau kudus berkat karya penebusan Allah melalui Yesus Kristus.

Takhta Kebijaksanaan (Lat: sedes sapientiae) mengingatkan kita pada Sir 24:4, yaitu, “Aku telah tinggal di tempat yang tinggi dan takhtaku di atas tiang awan.” Tiang awan itulah yang menyertai perjalanan Israel. Sedangkan Kebijaksanaan Ilahi ialah Yesus. Yesus Kristus adalah Hikmat Allah (bdk 1 Kor 1:30). Melalui inkarnasi, Kebijaksanaan Ilahi tidak lagi bertakhta di atas tiang awan, tetapi di dalam rahim Bunda Maria. Gelar ini merujuk pada keibuan Maria.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*