Artikel Terbaru

Santo Barnabas Rasul: Mewarta dalam Diam

Barnabas dan Paulus di Lystra, karya Nicolaes Berchem (1622–1683). [www.wga.hu]
Santo Barnabas Rasul: Mewarta dalam Diam
1 (20%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – Meski lebih senior, Santo Barnabas tidak mempermasalahkan ketika Paulus memimpin pewartaan mereka. Barnabas mewarta dalam diam. Ia tidak kecewa nama besarnya diungguli nama besar Paulus.

Itulah sebabnya mengapa Uskup Agung Jakarta, Almarhum Mgr Leo Soekoto, memberikan nama Barnabas sebagai nama pelindung paroki Pamulang yang berdiri pada 1993 ini. “Diharapkan, umat Pamulang yang tinggal di antara suku Betawi bisa menjadi pewarta yang tangguh seperti Barnabas. Tetap berkarya dan mewarta tanpa harus menonjolkan diri,” imbuh Kepala Paroki St Barnabas Rasul, Pamulang, Tangerang, Pastor Julianus Puryanto SCJ.

Mgr Leo Soekoto sangat berharap, umat Paroki Pamulang menjadi WB Plus, Warga Barnabas yang mempunyai nilai tambah bagi orang lain. Hidup dan panggilannya tidak cukup dengan tidak merugikan orang lain, melainkan harus surplus bagi masyarakat sekitar.

Bersatu padu
Hal itu direalisasikan dengan membangun hubungan baik dengan masyarakat sekitar dan menyelenggarakan aksi sosial tanpa membawa bendera kekatolikan. “Kami sering menyediakan bahan-bahannya. Kemudian dikelola bersama warga RT dan RW setempat dan menjadi aksi sosial bersama,” lanjut Pastor Julianus.

Tali silaturahmi dipererat pastor, dewan paroki, dan umat dengan dibentuknya Forum Ta’aruf bersama tokoh-tokoh umat agama lain pada 2006. Forum ini bertujuan membangun persaudaraan sejati antarumat beragama.

Itulah sebabnya, setelah 15 tahun memperjuangkan IMB, berpindah-pindah tempat ibadah (pernah menempati Wisma Kompas Gramedia dan SD Mater Dei milik Suster-Suster SPM), dan beberapa kali didemo warga sekitar, akhirnya pada 13 Mei 2008 IMB dari Bupati Pamulang turun. Pada 21 November 2009, gereja diresmikan Uskup Agung Jakarta Julius Kardinal Darmaatmadja SJ bersama Uskup Koadjutor Ignatius Suharyo.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*