Artikel Terbaru

Santa Birgitta dari Swedia: Mistikus Pendiri Ordo Sang Penebus

[www.pilgrimscentrum.com]
Santa Birgitta dari Swedia: Mistikus Pendiri Ordo Sang Penebus
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Santa Birgitta sangat memperhatikan pertumbuhan iman kerabat dan keluarganya. Ini diteladani Lingkungan Santa Birgitta, Paroki Regina Caeli Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Mereka menghidupi motto paroki agar komunitas basisnya “bisa berakar dalam iman, bertumbuh dalam persaudaraan, dan berbuah dalam pelayanan”. Lingkungan ini terdiri dari 33 KK. Sehari-hari mereka sibuk bekerja dan mengurus keluarga. Saat Natal dan Paskah, mereka mengunjungi panti asuhan dan panti jompo sebagai karya karitatif.

“Kegiatan kunjungan menjadi agenda rutin lingkungan kami. Untuk meneladani sikap welas asih Santa Birgitta pada kaum papa dan miskin,” ujar Wakil Ketua Lingkungan, Agustinus Andi.

Lingkungan yang mencakup Kluster Camar Indah Pantai Indah Kapuk ini juga selalu merayakan pesta nama Santa Birgitta bersama-sama. Tahun lalu, mereka mengadakan FellowshipKeluarga ke Bandung yang dikemas dengan konsep fun tapi tetap religius.

Mereka juga pernah berziarah ke sembilan gua Maria di Jakarta, meneladani Santa Birgitta sang peziarah. “Kebersamaan mendapatkan porsi paling besar dalam lingkungan kami. Seksi Persaudaraan secara khusus melakukan pendekatan personal kepada umat. Jika umat diperhatikan dan saling kenal, otomatis kegiatan lingkungan tidak akan sepi. Apalagi, warga lingkungan kami cukup sibuk dan sering ke luar kota,” lanjut Andi.

Keturunan bangsawan
Birgitta adalah putri pertama Gubernur dan Hakim Provinsi Uplandia Birger Persson. Ia menjadi piatu kala berusia 10 tahun. Ibunya wafat kala ia dan dua adiknya masih kecil. Ayahnya keturunan bangsawan Finsta dari kerajaan utara, tuan tanah terkaya di negeri itu.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*