Artikel Terbaru

St Arnoldus Yanssen: Pohon Baik Hasilkan Buah Baik

St Arnoldus Yanssen. (Ist)
St Arnoldus Yanssen: Pohon Baik Hasilkan Buah Baik
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Arnoldus menggemari matematika. Biasanya orang seperti ini memulai dan mengakhiri segala sesuatu dengan perhitungan yang pasti. Namun, Arnoldus berani dan yakin pada kehendak Tuhan, bukan pada perhitungan matematis. Dia yakin, dirinya mampu mendirikan serikat religius misioner dalam situasi Gereja yang mencekam di Jerman pada masa itu, yang dikenal sebagai Kulturkampf.

Anak kedua dari sebelas bersaudara ini lahir dari pasangan Gerhard Yanssen dan Anna Katharina Wellesen, 5 November 1937. Ia lahir di Goch, sebuah kota kecil di dataran rendah Rhineland Jerman, perbatasan Jerman – Belanda. Tiga saudaranya meninggal setelah ia lahir.

“Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik…” (Matius 7:17). Teks ini identik dengan keluarga Arnoldus Yanssen. Semangat doa yang kuat dalam diri Arnoldus sudah tertanam sejak ia kecil. Kesalehan kedua orangtuanya membuat ia sangat yakin akan kehendak Allah dalam dirinya.

Setiap pukul lima pagi, sang ibu membangunkan Arnoldus kecil yang masih tidur. Kemudian, bersama ibunya, ia mengucapkan doa pagi. Setelah itu, ia diberi segelas susu dan sepotong roti dengan mentega. Selesai sarapan, Arnoldus keluar rumah. Ke empat sapi yang diikat dengan rantai dibawanya keluar dari kandang. Ia harus menggembalakan sapi-sapi ke padang rumput.

Sejak kecil, Arnoldus sudah dibiasakan berdoa dan bekerja keras oleh ibunya.

Mendarah daging

Semangat doa yang sudah tertanam dari keluarganya sejak kecil, menjadikan Arnoldus saleh. Sebagai imam, ia mempunyai devosi kepada Ekaristi, kepada Hati Kudus Yesus, Roh Kudus, dan Bunda Maria. Ia rajin membaca dan merenungkan Kitab Suci.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*