Artikel Terbaru

Hosti yang Rusak

[ouverturefacile.com]
Hosti yang Rusak
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comApakah hosti yang sudah dikonsekrasikan bisa rusak? Atau jamuran? Kalau rusak, lalu diapakan? Bagaimana kalau hosti jatuh di tanah dan menjadi kotor?

Cecilia Nancy Suminto,
Surabaya

Hosti yang sudah dikonsekrasikan menghadirkan Yesus Kristus secara nyata, tetapi speciesnya ya tetap roti biasa. Karena itu, hosti itu juga bisa rusak atau berjamur. Demikian pula, jika hosti itu kebetulan jatuh di tanah dan kotor, maka hosti itu juga bisa dipandang sebagai roti yang rusak. Hosti yang rusak atau kotor bisa direndam dalam air sampai larut menjadi tepung biasa. Dengan hilangnya bentuk roti, maka kehadiran nyata Yesus Kristus juga tidak ada. Larutan air dengan tepung itu kemudian bisa dibuang di kebun atau di wastafel. Biasanya ada tempat pembuangan khusus untuk bekas benda-benda suci seperti itu. Tentu saja semua itu haruslah diperlakukan dengan penuh hormat.

Mengapa hosti yang baru diterima harus langsung dimakan? Apakah boleh dibawa ke tempat duduk baru kemudian dimakan?

Semua itu hanyalah karena alasan praktis, yaitu supaya terjamin bahwa hosti yang diterima itu benar-benar dimakan. Ada orang-orang yang percaya bahwa hosti suci itu bisa digunakan sebagai sumber kekuatan magis untuk berbagai keperluan. Misalnya, di Filipina, masih ada umat yang percaya bahwa ayam jago yang diberi makan hosti suci akan selalu menang dalam bertarung. Atau juga ada umat yang ingin menyimpan hosti suci sebagai jimat penangkal kekuatan jahat. Adanya aneka pemikiran yang tidak sehat ini mengharuskan kita memperoleh jaminan bahwa hosti yang diterima itu benar-benar dimakan.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*