Artikel Terbaru

Ikatan Keragaman

Ikatan Keragaman
1 (20%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – Dalam masa tertentu, bangsa ini mampu merawat dengan apik keharmonisan dalam kemajemukan. Bisa jadi, ini lantaran ikatan Bhinneka Tunggal Ika. Ikatan ini memang telah terbukti ampuh dalam menjaga gerak langkah bangsa ini.

Namun dalam beberapa periode tertentu pula, rasa-rasanya kesadaran terhadap ikatan Bhinneka Tunggal Ika agak longgar. Kita bisa melihat akhir-akhir ini, konflik berbau suku, agama, dan ras menghantui sepanjang hari. Bahkan konflik itu disertai tindak kekerasan, dan lebih parahnya memakan korban jiwa.

Selain Bhinneka Tunggal Ika, bangsa ini juga memiliki Pancasila. Sila pertama Pancasila dengan amat tegas menjamin kebebasan semua warga untuk menjalankan kewajiban religiusnya. Melalui kebebasan beragama dan berkeyakinan ini, setiap orang diarahkan menjadi manusia sejati.

Kebebasan beragama dianggap hak yang paling esensial. Kebebasan ini melekat dalam kodrat manusia, ciptaan-Nya. Kebebasan ini bukanlah pemberian negara atau siapapun. Di sini, hak beragama tak bisa ditekan, apalagi disingkirkan. Ajaran Sosial Gereja pun sudah mengatakan bahwa kebebasan beragama dan berkeyakinan adalah hak paling mendasar setiap manusia. Konsili Vatikan II menegaskan kembali keyakinan Gereja ini. Dukungan Gereja terhadap kebebasan beragama itu secara konkret dinyatakan dalam pernyataan bersama para bapa Konsili Vatikan II dalam dokumen Dignitatis Humanae. Kita bisa mengambil kesimpulan bahwa Bhinneka Tunggal Ika, Pancasila, dan Ajaran Gereja sangat mengedepankan kebebasan beragama sebagai pilar bagi martabat manusia.

Keragaman adalah anugerah dari Sang Pencipta. Tugas kita adalah merawat keragaman itu dalam bingkai persaudaraan. Segala bentuk ancaman terhadap kebhinnekaan bangsa ini adalah tantangan untuk terus membarui ikatan-ikatan persaudaraan. Mari kita kembali mengencangkan ikatan Bhinneka Tunggal Ika.

Redaksi

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*