Artikel Terbaru

St Leo II: Paus Penegak Supremasi Takhta St Petrus

St Leo II
[araldicavaticana.com]
St Leo II: Paus Penegak Supremasi Takhta St Petrus
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comMasa kepausannya hanya 11 bulan. Namun Paus berdarah Sisilia ini berhasil menegakkan Supremasi Takhta St Petrus dalam konflik Ravenna.

Tahun 682-683, diadakan pemindahan relikui para martir secara besar-besaran. Relikui itu dipindahkan dari katakombe ke dalam gereja-gereja yang baru selesai dibangun dan direnovasi. Program ini merupakan salah satu usaha menyelamatkan relikui para martir di katakombe dari ancaman penghancuran Bangsa Lombardia.

Meskipun waktunya singkat, banyak relikui para martir di katakombe berhasil diselamatkan. Inilah jasa Paus Leo II yang memimpin Gereja dalam waktu yang amat singkat (682-683).

Jalur Diplomasi
Paus Leo II lahir di Catania, tahun 611. Catania adalah kota di pantai Timur Sisilia yang menghadap Laut Ionia, antara Messina dan Siracusa. Paus yang bernama asli Leo Manieus ini merupakan salah satu putra seorang berdarah Sisilia yang bernama Paulus. Sejak muda, Leo dikenal sebagai pribadi yang saleh, serta memiliki kemampuan dan pengetahuan dalam Bahasa Latin dan Yunani yang luar biasa. Selain itu, ia piawai dalam bidang musik dan literatur gerejani.

Leo terpilih menjadi Uskup Roma hanya beberapa hari sesudah wafatnya Paus Agatho (577-681) pada 10 Januari 681. Meski sudah terpilih menjadi Paus, ia tidak langsung dikonsekrasi untuk menduduki Takhta St Petrus. Paus Leo II baru dapat menduduki takhtanya setelah satu setengah tahun lebih, pada 17 Agustus 682.

Agenda pertama Paus Leo II adalah melanjutkan negosiasi dengan Kaisar Konstantinus IV Pogonatus. Ia memfokuskan pada negosiasi terkait konfirmasi Kaisar Binzantium pada saat Paus baru terpilih. Menurutnya, hal ini sangat dibutuhkan Gereja, yakni independensi.

Negosiasi inilah yang membuat konsekrasinya menjadi molor. Pada saat interregnum itu, Paus Leo II intensif berkorespondensi dengan Kaisar Konstantinus IV Pogonatus. Akibatnya konsekrasi Paus Leo II harus menunggu waktu lama sejak ia terpilih sebagai Paus.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*