Artikel Terbaru

Halangan Perkawinan

[life.viva.co.id]
Halangan Perkawinan
1 (20%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.comDalam pengumuman perkawinan di gereja, selalu dikatakan, “Barangsiapa mengetahui halangan-halangan untuk perkawinan ini, diharapkan melaporkan kepada pastor paroki.” Apa saja halangan-halangan perkawinan katolik yang dimaksudkan? Mohon penjelasan.

Edi Purwito,
Surabaya

Pertama, halangan yang mutlak, yaitu halangan yang tidak dapat didispensasi oleh siapapun, yaitu impotensi untuk melakukan persetubuhan yang mendahului perkawinan dan bersifat tetap, entah dari pihak laki-laki entah dari pihak perempuan, entah bersifat mutlak entah relatif (KHK kan 1084). Impotensi yang terjadi sesudah perkawinan, entah karena kecelakaan atau sakit, tidak termasuk dalam halangan ini. Bila ternyata impotensi itu disembunyikan sebelum perkawinan, maka perkawinan itu tidak absah (Kan 1098). Termasuk dalam halangan mutlak ialah hubungan saudara kandung antara kedua mempelai (Kan 1091 # 4).

Kedua, halangan yang dapat didispensasi hanya oleh Bapa Suci saja, misalnya mereka yang telah menerima tahbisan suci, baik diakon, imam, dan Uskup (Kan 1087), atau mereka yang terikat kaul kekal (Kan 1088). Sesudah ada dispensasi, perkawinan orang yang bersangkutan absah.

Ketiga, berikut ini adalah halangan-halangan yang dapat didispensasi oleh Uskup atau pembantunya. Usia belum mencukupi, yaitu laki-laki berumur 16 tahun, perempuan berumur 14 tahun (Kan 1083), hubungan semenda (antara mertua dan menantu) (Kan 1092), atau hubungan darah dalam garis keturunan ke atas dan ke bawah (Kan 1091), atau beda agama (antara orang Katolik dengan orang yang tidak dibaptis) (Kan 1086 # 1).

Keempat, termasuk juga sebagai halangan, jika salah satu mempelai dalam keadaan tidak bebas, baik secara yuridis, artinya terikat pada perkawinan sebelumnya (Kan 1085 # 1) atau secara moral, yakni ada tekanan atau pemaksaan dari pihak lain. Pemaksaan itu bisa terjadi antara lain dengan penculikan mempelai perempuan oleh pihak laki-laki (Kan 1089).

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*