Artikel Terbaru

Memilih Nama Baptis dan Krisma

[Ilustrasi/HIDUP]
Memilih Nama Baptis dan Krisma
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comRomo yang saya kasihi, keluarga kami baru dikaruniai anak pertama, laki-laki. Setelah saya mencari nama untuk menamainya sesuai nama santo yang diperingati pada hari itu, tenyata hanya ada nama Santa Agnes dari Montepulciano. Saya bingung! Anak saya laki-laki, tidak mungkin diberi nama Agnes. Mohon saran dan bimbingan.

Oktavianus, Atambua, NTT

Saudara Oktavianus yang baik, pemberian nama santo-santa memang bisa disesuaikan dengan tanggal lahir anak yang bersangkutan atau yang terdekat dengan tanggal itu, tetapi tidak pernah ada keharusan. Pemberian nama santo-santa dapat disesuaikan dengan maksud dari orangtua atas masa depan anak.

Biasanya orangtua memberi nama santo-santa pelindung dengan maksud menyesuaikan dengan kisah, kepribadian, perjuangan, arti simbolik, hal yang dikagumi, tema kemartiran, atau juga hal-hal khusus yang terkenal dari santo-santa itu.

Nama baptis dapat dipilih berdasarkan beberapa hal berikut ini, tetapi tetap ada kebebasan memilih. Beberapa alasan yang lazim adalah berdasarkan tanggal/bulan kelahiran atau pembaptisan. Misalnya, nama Agustinus dipilih karena lahir atau dibaptis pada Agustus. Dapat juga memilih nama Natalia, karena dibaptis pada hari Natal atau sekitarnya. Yang terbaik adalah memilih nama seperti yang telah saya sampaikan di atas, yaitu berdasarkan semangat, spiritualitas, atau perjuangan orang kudus itu.

Spiritualitas dari santo-santa yang dipilih dapat menjadi pengingat dan penyemangat bagi orang yang memakai namanya. Misalnya nama Maria, karena ingin menjadi orang beriman sempurna dan setia. Dapat juga memilih nama Fransiskus Asisi karena terpikat pada semangat murah hati dan pelayanannya.

Dalam Kitab Hukum Kanonik (KHK) kanon 855 dituliskan, “Orangtua, walibaptis, dan pastor paroki hendaknya menjaga agar jangan memberikan nama yang asing dari napas kristiani.” Berdasarkan kanon ini, maka aturan pemakaian nama baptis adalah untuk memberikan makna kristiani, bukan aturan lain. Dalam bahasa Inggris, nama ini disebut Christian Name (Nama Kristiani).

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*