Artikel Terbaru

Jalan Mistik

Jalan Mistik
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Tradisi Misa Jumat Pertama menjadi kekayaan Gereja Katolik yang terkait devosi kepada Hati Yesus yang Mahakudus. Inilah salah satu bentuk penghormatan kepada Hati Kudus Yesus yang diwariskan St Margaretha Maria Alacoque (1647-1690). Mistikus asal Perancis ini menerima visiun atau penglihatan rohani berulang kali.

Dalam visiun ketiga pada 1674, Yesus minta untuk menghormati-Nya secara khusus karena banyak orang menyangkal cinta-Nya. Yesus menampakkan diri dalam kemuliaan dengan lima luka yang bersinar dan belas kasih terpancar dari Hati-Nya. Selain itu, Yesus minta agar sesering mungkin Ia disambut dalam rupa Sakramen Mahakudus, khususnya tiap Jumat pertama.

St Margaretha pun mendedikasikan Kamis malam menjelang Jumat pertama tiap bulan sebagai Hora Sancta atau Jam Suci. Ia melakukan prostratio, berdoa dengan posisi tiarap hingga muka mencium tanah. Inilah bentuk silih atas dosa, penghormatan mendalam, ungkapan kerendahan hati dan perasaan kecil di hadapan Allah.

Pengalaman mistik St Margaretha menjadi warisan bagi umat beriman dan Gereja Universal, secara khusus untuk merayakan Misa Jumat Pertama. Salah satu dari 12 janji Yesus kepadanya berbunyi, “Aku berjanji demi Hati-Ku yang penuh belas kasih, bahwa kuasa kasih-Ku akan menganugerahkan kepada mereka yang menerima Komuni pada Jumat Pertama selama sembilan bulan berturut-turut, rahmat pertobatan terakhir; mereka tak akan meninggal dalam keadaan melukai Hati-Ku, pun tanpa menerima Sakramen-sakramen terakhir; Hati-Ku akan menjadi tempat perlindungan yang aman saat kematian mereka.”

Hendaknya pengalaman mistik itu juga mewarnai peziarahan rohani kita yang bertekun mengikuti Misa Jumat Pertama. Alih-alih memanfaatkan waktu luang, mestinya motivasi untuk belajar tulus mencinta dari Hati Kudus Yesus mewarnai devosi ini. Kita pun dipanggil untuk menjadi “Murid Terkasih Hati Kudus Yesus”, seperti St Margaretha. Selamat berziarah ….

Redaksi

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*