Artikel Terbaru

St Nikodemus: Setia Membela Yesus

[saintraphaelmessenger.blogspot.com]
St Nikodemus: Setia Membela Yesus
1 (20%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – Nikodemus kagum pada kepribadian Yesus dan cara pengajaran-Nya yang penuh wibawa. Saat bercakap-cakap dengan-Nya, Nikodemus tidak bisa menangkap dengan jelas apa maksud Yesus mengenai kelahiran kembali dan kehidupan kekal.

Nikodemus adalah seorang pemimpin agama Yahudi, pemimpin kelompok orang-orang Farisi dan anggota Mahkamah Agama. Namun, ia sulit menangkap apa maksud Yesus mengenai kelahiran kembali. Ia membiarkan diri dirasuki terang yang ditemukan dan dilihatnya dalam diri Yesus. Setelah percakapan itu, Nikodemus menjadi dekat dengan Yesus. Inilah sebabnya, ketika Yesus wafat di salib dan jenazah-Nya diturunkan, ia membawa campuran minyak mur dengan minyak gaharu untuk penguburan-Nya.

Rasa ingin tahu menggerakkan Nikodemus menemui Yesus. Setelah bercakap- cakap dan mendapat pencerahan, ia menjadi sahabat Yesus. Ia membela saat Yesus diadili di muka pemimpin agama. Ia juga memberikan penguburan yang layak bagi Yesus. Keutamaan-keutamaan inilah yang menginspirasi umat Paroki St Nikodemus, Ciputat, Tangerang Selatan, untuk menjadikan Santo Nikodemus sebagai pelindung paroki.

“Santo Nikodemus dipakai sebagai pelindung paroki supaya umat dari yang tidak tahu menjadi orang yang bijak. Kesetiaan Nikodemus kepada Yesus
hingga wafat-Nya semoga juga menginspirasi umat untuk setia sampai akhir pada Yesus dalam suka dan duka,” harap Pastor Paroki St Nikodemus, Alphonsus Setya Gunawan Pr.

Kelahiran baru
Sewaktu bercakap-cakap dengan Yesus, Nikodemus menanyakan mengenai arti kelahiran kembali. Dalam pandangan Nikodemus, seseorang yang dilahirkan kembali berarti masuk kembali ke rahim ibunya. Yesus menjelaskan kepadanya arti lahir kembali itu dalam roh, bukan dalam hal daging seperti yang dipikirkan Nikodemus.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*