Artikel Terbaru

Santo Patrisius: Budak yang Dipilih Tuhan

St Patrisius. Sumber: [thescottishhome.blogspot.com]
Santo Patrisius: Budak yang Dipilih Tuhan
1 (20%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – Santo Patrisius dikenal sebagai orang yang rendah hati, lemah lembut, tekun berdoa, dan tidak takut pada kematian. Ia digambarkan sebagai sosok yang hanya takut dan tunduk kepada Allah dan patuh mengikuti panggilan-Nya.

Keberanian Santo Patrisius mengilhami Ketua Lingkungan St Patrisius, Paroki St Joseph Matraman, Jakarta Timur, dalam dinamika kepengurusan lingkungan. Kebetulan, nama ketua lingkungan ini adalah Patrisius Kurniawan. “Setiap kali pergantian pengurus merupakan babak baru dalam perjalanan lingkungan ini. Awalnya, saya ragu. Saya bertanya dalam hati, apa karena nama saya Patrisius, sehingga saya dipilih? Namun, akhirnya saya menyadari, ini adalah tugas yang harus saya jalani sebaik-baiknya. Dan, saya senang karena para pengurus sangat mendukung pelayanan ini,” ungkapnya.

Semula Patrisius prihatin karena kesulitan melakukan regenerasi, dan tidak semua warga lingkungan aktif dalam kegiatan. Ia dan pengurus lain pun mengunjungi warga lingkungan, terutama yang tidak aktif. Mereka mendata persoalan para warga, misalnya masalah sosial ekonomi. Mereka juga membantu warga yang sakit. Setelah kunjungan itu, beberapa warga mulai kembali aktif dalam kegiatan.

“Seperti teladan Santo Patrisius yang selalu berserah kepada Tuhan dalam doa, kami pun kerapkali membawa segala sesuatunya dalam doa. Setiap kali menghadapi kendala dan dalam pengambilan keputusan, kami berdoa agar keputusan tidak salah diambil,” ungkap Patrisius, saat ditemui di kediamannya, di Jl Kemuning Jakarta Timur. Dalam sharing rohani di rumahnya, hadir juga Yohana Purwanti Daryanto (sekretaris lingkungan), Pipin (bendahara lingkungan), dan Herlina (mantan ketua lingkungan).

“Penghayatan spiritualitas Santo Patrisius, lebih pada perayaan pesta namanya. Kami mengadakan Ekaristi dengan doa-doa permohonan kepada santo pelindung,” timpal Herlina.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*