Artikel Terbaru

CMUMC: Wadah Pengembang Spiritualitas Mahasiswa

Kelompok Art dan Animasi Campus Ministry menyanyi sambil menari dalam sebuah acara.
[NN/Dok.Campus Ministry Universitas Musi Charitas]
CMUMC: Wadah Pengembang Spiritualitas Mahasiswa
1 (20%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – Tanpa melepas identitas kekatolikan, lembaga ini menanamkan nilai universal kepada mahasiswa. Pengembangan karakter dan wawasan keragaman menjadi tujuannya.

Desa Catur Tunggal, Kecamatan Mesuji Makmur berjarak sekitar 170 kilometer dari Kota Palembang, Sumatera Selatan. Bila menggunakan kendaraan roda empat, butuh waktu enam jam untuk sampai di desa yang sebagian besar penduduknya berkebun karet dan sawit ini. Pada Februari 2016 lalu, sekelompok anak muda yang tergabung dalam organisasi Campus Ministry Universitas Katolik Musi Charitas Palembang (CMUMC) live in di desa itu.

Setiba di Desa Catur Tunggal, mereka disambut Kepala Desa dan “keluarga baru” atau keluarga tempat menginap selama live in. Usai beramah tamah, mereka pun berpencar satu sama lain menuju rumah “keluarga baru” masing-masing. Selama empat hari, para peserta live in tinggal dan hidup bersama “keluarga baru” ini.

Berbagai aktivitas mereka lakoni seperti menyadap karet, membersihkan kebun kelapa sawit dan bertanding sepakbola dengan para pemuda desa. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan pembinaan organisasi yang diadakan setiap tahun oleh CMUMC.

Semangat Katolik
CMUMC didirikan pada 24 September 2008. Pihak rektorat menyadari perlunya sebuah organisasi mahasiswa di lingkup kampus yang dapat menjadi wadah untuk membangun semangat kekatolikan bagi segenap civitas akademika. Organisasi ini juga berperan sebagai realisasi visi dan misi kampus dalam konteks pengembangan dan pembinaan spiritualitas Katolik di lingkungan kampus.

Pada tahun 2009 lembaga ini sempat kehilangan daya pikat. Konsep organisasinya belum matang. Beberapa mahasiswa lalu mengadakan pembenahan dalam tubuh CMUMC. Dengan bimbingan beberapa dosen, upaya mereka berhasil. Pada 2010, lembaga ini kembali hidup dan memikat banyak mahasiswa untuk bergabung.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*