Artikel Terbaru

Ayahku Pecandu Narkoba

Sumber Foto: http://Highster Mobile/
Ayahku Pecandu Narkoba
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comRomo Benny Phang OCarm Yth, saya Paulus Kristian (25), sulung dari dua bersaudara. Ayah saya kerap melakukan kekerasan psikis dan kadang-kadang fisik terhadap ibu saya. Ibu saya juga sering mengeluhkan perbuatan ayah saya kepada saya. Setelah saya mencari informasi, ternyata ayah saya sering mengonsumsi narkoba. Sepertinya narkobalah yang menjadi akar permasalahan. Bagaimana saya harus menyikapi permasalahan tersebut?

Paulus Kristian, Yogyakarta

Yang terkasih Kristian. Terima kasih atas sharingpengalamanmu yang tidak mudah. Sebenarnya dari usaha dan analisamu terhadap apa yang terjadi dalam keluargamu, terutama pada ayahmu, sangat membantumu untuk memetakan masalah. Setidaknya, kamu tidak lagi menduga-duga akar permasalahannya.

Hanya saja engkau perlu bantuan untuk menghadapi masalah ini. Saran saya, jika keadaan ayahmu sudah parah, maka bantuan medis harus segera diberikan. Kemudian baru dapat dilakukan langkah-langkah untuk rehabilitasi. Tentunya tenaga-tenaga medis yang profesional yang harus menangani hal ini. Kalian sekeluarga harus memutuskan untuk segera memberikan perawatan
yang intensif ini terhadap ayahmu, demi keselamatannya.

Nah, sementara dirawat tenaga medis profesional, kalian sekeluarga dapat membantu ayah kalian untuk kembali pulih secara total. Ada beberapa hal yang mungkin dapat membantumu untuk menemani ayahmu dalam proses pemulihan.

Pertama,
bantulah ayahmu untuk mengakui bahwa ia tidak dapat lagi mengontrol dirinya karena ketagihan. Dia harus mengakui kerapuhannya, karena pengakuan diri inilah menjadi pintu gerbang masuk proses penyembuhan yang berikutnya. Hanya orang yang mengakui bahwa dirinya sakit yang dapat disembuhkan. Dan hanya orang yang mengakui dirinya lemah yang terbuka pada bantuan orang lain. Maka, pengakuan diri ini penting sekali.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*