Artikel Terbaru

Tuntutan Pembimbing Skripsi dan Orangtua

Tuntutan Pembimbing Skripsi dan Orangtua
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comSalam, Pengasuh. Saya Roland, 24 tahun. Saya mahasiswa semester akhir dan sedang menyusun skripsi. Dosen pembimbing skripsi saya adalah seorang lelaki. Menurut saya, ia kompeten di bidangnya. Namun belakangan ini, saya tertekan karena kelakuannya. Tiap kali konsultasi, saya selalu mengikuti kemauannya.

Ia minta saya mengganti judul, saya turuti. Setelah penulisan isi makalah, ia menyuruh saya untuk mengganti Bab II, saya pun manut. Kadang tiap konsultasi, saya membawa kue atau mentraktirnya makan. Tapi hasilnya sama saja. Sementara teman-teman cewek saya, dengan pembimbing yang sama, lebih diterima. Bahkan, ia sendiri yang mengedit tulisan mereka.

Saya merasa, karya saya tak terlalu bermasalah. Hal itu juga diakui oleh dosen lain. Di satu sisi, orangtua menuntut saya agar cepat menyelesaikan skripsi dan kuliah. Apakah saya perlu ganti dosen pembimbing? Atau bagaimana saya harus bersikap?

Roland, Jakarta

Halo Roland, terimakasih atas suratmu. Saya ikut merefleksikan diri, apakah saat membimbing skripsi, membuat mahasiswa semakin berbahagia atau terbebani? Saat menulis skripsi, mahasiswa perlu menyiapkan diri, mampu berpikir logis, menuangkan gagasan ke dalam tulisan, dan menulis sesuai standar program studi (prodi).

Penulis skripsi juga dituntut untuk mampu menulis ilmiah, yaitu punya kemampuan untuk menangkap suatu permasalahan dalam kehidupan sehari-hari, mencari teori, meneliti dengan metode ilmiah, mampu menganalisa data secara kualitatif atau kuantitatif, dan memahami hasil analisa tersebut.

Penulis perlu mandiri mencari sumber pustaka dan kecerdasan sosial untuk menemui subyek penelitian. Di antara semua itu, yang paling seru dan sering dibicarakan mahasiswa adalah kemampuan berelasi dengan dosen pembimbing. Masalah utama mahasiswa menghadapi dosen pembimbing adalah ketidaksesuaian antara pribadi dosen dengan harapan mahasiswa.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*