Artikel Terbaru

St Filippo Smaldone: Rasul bagi Orang Bisu Tuli

Pastor dari Lecce: Jasad St Filippo Smaldone disemayamkan di bawah altar Gereja Katedral Lecce, Italia. [heiligenblog.de]
St Filippo Smaldone: Rasul bagi Orang Bisu Tuli
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Sejak awal, ia ingin mengabdikan hidupnya bagi kaum miskin, terutama penyandang bisu tuli. Karena banyaknya tantangan, ia sempat tergoda menjadi misionaris. Akhirnya ia menemukan panggilan sejatinya sebagai pelayan bagi orang bisu tuli.

Kacau balau, itulah potret kondisi Italia tatkala Filippo Smaldone menghabiskan masa kecilnya. Ia lahir di Napoli, Italia, pada 27 Juli 1848. Selain situasi masyarakat yang mengenaskan, tak banyak informasi tentang keluarga dan masa kecilnya.

Kemelut politik dan krisis ekonomi saat itu berakibat bobroknya tatanan sosial dalam masyarakat Italia. Kekuasaan diperebutkan demi prestise dan kepentingan pribadi penguasa.

Bahkan, Gereja pun terkontaminasi oleh kebobrokan akhlak yang menjamur di masyarakat. Harapan bahwa Gereja bisa menjadi penengah, kandas dan kondisi pun menjadi kian buruk. Banyak orang kecil menjadi korban dan tersingkir. Kemiskinan pun merajalela. Situasi itu terekam dalam memori Smaldone.

Panggilan mulia
Di tengah gonjang-ganjing geopolitik, ekonomi, sosial, dan kebisuan Gereja, tumbuh kerinduan Smaldone untuk mereformasi keadaan itu. Ia bertekad menjadi imam agar bisa mengabdikan diri demi perbaikan Gereja.

Tak heran, Smaldone mulai membekali diri dengan banyak keutamaan kristiani. Kepekaan hatinya makin tajam. Ia mudah tersentuh melihat derita orang yang tersisihkan dari masyarakat.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*