Artikel Terbaru

Teladan Nyata

Teladan Nyata
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Di setiap prosesi pembasuhan kaki pada Kamis Putih, kita bisa melihat teladan Yesus yang mau melayani para murid-Nya. Pada Minggu Palma, Yesus dielu-elukan sebagai Raja. Namun, sebelum Perjamuan Malam Terakhir, Sang Raja itu dengan rendah hati membasuh kaki para murid-Nya. Sungguh merupakan contoh konkret pelayanan yang diajarkan oleh Yesus sendiri.

Kadang, untuk menyampaikan pesan atau ajaran diperlukan sebuah tindakan nyata. Di kala pesan lewat kata-kata tidak mudah diserap, maka perlu tindakan nyata untuk menjelaskannya. Sebuah sikap, perilaku atau tindakan seorang yang dijadikan panutan kadang bisa lebih berpengaruh terhadap perilaku para pengikutnya daripada hanya sekadar nasihat. Maka, lewat tindakan pembasuhan itu, Yesus sungguh-sungguh konsekuen dengan ajaran-Nya. Ia tidak “Omdo” (omong doang), tetapi juga melaksanakan apa isi ajaran-ajaran itu, bahkan dengan menempuh risiko mati disalib.

Pada zaman ini, contoh tindakan nyata itu tidak serta merta harus dengan membasuh kaki seseorang. Bisa diwujudnyatakan dengan berbagai macam tindakan di dalam masyarakat, Gereja, komunitas, atau di dalam keluarga. Tindakan atau pelayanan sekecil apapun kepada sesama kita, jika dilakukan dengan tulus, akan bermakna dan bisa menyebarkan virus kasih. Dengan kasih perdamaian akan tercipta.

Maka, sudah sepantasnyalah contoh nyata tindakan dan sikap saling mengasihi dan melayani orang lain yang kita peringati dalam ritus pembasuhan kaki ini kita sebarkan agar budaya kasih benar mewarnai dunia. Kita ingat pesan Yesus kepada para murid-Nya seusai peristiwa pembasuhan kaki, “Aku telah memberikan suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu” (Yoh 13: 15).

Redaksi

Sumber Tulisan: Majalah HIDUP Edisi 11 Tanggal 13 Maret 2016

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*