Artikel Terbaru

Keterlibatan Umat dalam Ritus Pembasuhan Kaki

Paus Fransiskus membasuh kaki tahanan dalam upacara Kamis Putih di Penjara Casal de Marmo, Roma.
[wvgazettemail.com]
Keterlibatan Umat dalam Ritus Pembasuhan Kaki
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Paus Fransiskus mengubah aturan dalam pembasuhan kaki di Kamis Putih. Dua belas rasul bisa dipilih di antara umat Allah, termasuk kaum hawa.

Prefek Kongregasi Tata Ibadat dan Sakramen, Kardinal Robert Sarah mengumumkan dekrit terkait perubahan dalam ritus pembasuhan kaki pada perayaan Kamis Putih, Kamis, 21 Januari lalu. Dekrit ini memungkinkan perempuan untuk terlibat dalam ritus pembasuhan kaki.

Pada 20 Desember 2014, Bapa Suci melayangkan surat kepada Kardinal Robert Sarah. Sekitar satu tahun berselang, Kardinal Robert Sarah menandatangani dekrit perubahan dalam ritus pembasuhan kaki pada 6 Januari 2016. Ada jeda waktu cukup panjang yang dibutuhkan untuk mengkaji, menyelidiki dan menimbang hal tersebut.

Paus Fransiskus di dalam suratnya menyatakan, “Setelah melalui pertimbangan yang matang, saya memutuskan untuk membuat perubahan di dalam rubrik Missale Romanum.” Demikian diberitakan Vatican Information Service 21/01. Bagian yang diubah itu adalah rubrik yang selama ini diartikan bahwa yang dipilih untuk pembasuhan kaki harus laki-laki.

Sejak dikeluarkannya dekrit tertanggal 6 Januari 2016 oleh Kongregasi Tata Ibadat dan Sakramen ini, “para rasul” dapat dipilih dari antara umat Allah. Ini memungkinkan kaum hawa bisa ambil bagian.

Perubahan yang diajukan Paus Fransiskus ini sempat menuai tanya di kalangan umat dan masyarakat. Ketika itu, pada awal masa kepausannya, tahun 2013, ia memilih untuk merayakan Kamis Putih di penjara khusus untuk remaja, Casal del Marmo, Roma.

Paus Fransiskus membasuh kaki 12 narapidana remaja, dan dua di antaranya perempuan yang berkebangsaan Italia dan Eropa Timur. Para tahanan remaja ini juga ada yang beragama Islam. Selain membasuh kaki, Paus Fransiskus juga mencium kaki mereka. Sri Paus kemudian mengajak umat untuk melayani satu sama lain sesuai teladan Yesus.

Tahun 2014, peristiwa serupa dilakukan lagi. Paus memimpin Perayaan Kamis Putih di kapel St Maria della Provvidenza Centre, Roma. Tempat ini dikelola oleh Don Gnocchi Foundation, pusat penampungan orang jompo dan berkebutuhan khusus. Para “rasul” yang dipilih dalam upacara pembasuhan kaki berusia 16-86 tahun, empat di antaranya perempuan.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*