Artikel Terbaru

APN, Pematangsiantar: Rumah Pendidikan Keluarga Nazareth

Para suster KYM dan putri Nazareth berfoto bersama.
APN, Pematangsiantar: Rumah Pendidikan Keluarga Nazareth
1 (20%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – Semangat Keluarga Nazareth menjadi dasar pembinaan di asrama ini. Setiap penghuni dididik untuk unggul dalam hal akademik dan matang dalam kepribadian.

Di sebuah lapangan berumput, beberapa remaja putri menari sambil menyanyi. Anak-anak lain menonton sambil tersenyum. Sesekali ada yang tertawa lepas melihat tingkah lucu teman-teman di sekitarnya. Potret kegembiraan itu selalu mewarnai kehidupan di Asrama Putri Nazareth (APN) Pematangsiantar, Sumatera Utara.

Nama Nazareth lahir dari inspirasi Keluarga Kudus Nazareth. APN menjadi rumah pendidikan yang bercermin pada model Keluarga Kudus Nazareth yang membesarkan Yesus dari usia kanak-kanak, remaja hingga dewasa.

Bertolak dari pembinaan yang diterapkan Keluarga Kudus Nazareth, APN ingin menanamkan beragam nilai, baik rohani, intelektual, sosial, dan kedisiplinan. APN juga ingin memberi ruang bagi pengembangan minat dan bakat yang dimiliki setiap penghuni.

Panti Asuhan
APN merupakan asrama asuhan Kongregasi Suster Kasih dari Yesus dan Maria Bunda Pertolongan Baik (KYM) di Pematangsiantar. Asrama ini diresmikan pada 1 Agustus 1989, atas prakarsa Sr Raynelda Sinaga KYM yang waktu itu menjabat sebagai Pemimpin Umum Kongregasi KYM Pematangsiantar.

Dahulu, asrama ini merupakan panti asuhan. Seiring perjalanan waktu, tuntutan zaman berubah. Beberapa orangtua murid di Pematangsiantar meminta suster-suster KYM untuk mendidik anak-anak mereka di asrama. Gedung panti pun beralih fungsi menjadi asrama putri.

Sesuai dengan visinya APN berkomitmen ingin membentuk “Putri Nazareth” (sebutan untuk para siswi penghuni asrama) menjadi manusia yang beriman, berkepribadian tangguh, serta tanggap terhadap tantangan zaman. Selama tinggal di APN setiap penghuni juga diharapkan berkembang dalam kedisiplinan dan ugahari.

Sedangkan misi APN sendiri ingin menyediakan tempat yang layak dan suasana kekeluargaan yang diwarnai dengan hidup teratur dengan tetap membina karakter. Kedua visi dan misi ini selaras dengan semangat KYM.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*