Artikel Terbaru

Pendampingan Dunia Maya

Pendampingan Dunia Maya
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Jika sticker bertuliskan “free wi-fi” semakin banyak terpampang di hotel dan mall mewah, itu biasa. Tapi, jika sticker sejenis mulai banyak ditemui di apotik, salon, ruang tunggu dokter dan bahkan bengkel, itu baru pemandangan yang tidak biasa.

Mulanya, fasilitas itu hanyalah gimmick atau alat pemikat agar orang mau membeli obat di apotik tertentu atau memotong rambut di salon tertentu. Tetapi, efek lain yang terjadi dan kurang disadari adalah, meluasnya akses terhadap internet juga sekaligus mempertinggi utilisasi internet itu sendiri pada semakin banyak orang. Alhasil, dewasa ini, semakin banyak orang yang melihat internet sebagai wahana yang bermanfaat. Tetapi, di pihak lain, semakin banyak juga orang yang tergantung, kecanduan atau bahkan secara halusinatif melihat dunia maya tersebut sebagai dunia yang riil itu sendiri.

Demikianlah terlihat begitu bervariasinya sikap, motif dan niat yang bisa kita pilih terkait wahana baru ini. Internet semakin disadari dapat dimanfaatkan guna menarik simpati calon jemaat, menyebarluaskan ajaran serta membina perkembangan iman jemaat yang sudah ada.

Mengingat pelaku yang memanfaatkan internet adalah organisasi massa keagamaan atau lembaga sosial keagamaan, maka persepsi yang ada tentang situs atau blog yang dibangun dan informasi yang dikandungnya pastilah sesuatu yang positif. Kesan umum adalah, bahwa situs keagamaan, demikian pula blog ataupun jejaring sosial yang bernuansa keagamaan, pastilah berisi pesan-pesan sejuk. Informasi yang disampaikan niscaya menyangkut halhal imaniah dan dibuat dalam rangka – mengutip istilah khas Katolik – karya atau reksa pastoral.

Kenyataannya, khususnya di kalangan Katolik, tingkat utilisasi internet tersebut ternyata masih amat terbatas. Kalaupun ada, kesannya, hanya dimanfaatkan untuk pengetahuan atau kondisi seputar altar, bukan pada hal-hal lain yang menyentuh kehidupan sehari-hari.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*