Artikel Terbaru

Siap di Bilik Pengakuan

[[guardian.co.uk]]
Siap di Bilik Pengakuan
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) menyambut ajakan Paus Fransiskus untuk merayakan “24 Jam untuk Tuhan”. Dalam buku “Panduan Umum Tahun Yubileum Kerahiman Allah” disebutkan bahwa sebagai penanda khusus Yubileum Kerahiman Allah adalah “Momen 24 Jam Untuk Tuhan”. Gerakan ini dianjurkan Paus Fransiskus untuk mendorong pertobatan dan menumbuhkan iman umat. Gerakan “24 Jam untuk Tuhan” ini ditandai dengan pelayanan Sakramen Tobat pada masa Prapaskah, terutama pada Jumat-Sabtu, 4-5 Maret 2016. Seluruh paroki di KAJ diundang untuk menanggapi gerakan ini secara kreatif yang disesuaikan dengan sumber daya dan kebutuhan umat setempat.

Paroki Kristus Raja Pejompongan, Jakarta Pusat, menanggapi ajakan ini dengan beberapa kegiatan. Pada 4-5 Maret nanti, para imam yang berkarya di paroki ini telah berbagi jadwal selama 24 jam penuh. Mereka telah siap sedia di bilik-bilik pengakuan dosa di gereja. Para imam di paroki ini akan berjaga secara bergilir selama 24 jam. Selain pelayanan Sakramen Tobat, paroki ini juga telah membuat jadwal rekoleksi bulanan setiap Sabtu pertama dalam bulan selama Tahun Kerahiman Allah. “Kami sudah membuka rekoleksi pada Sabtu pertama bulan Februari lalu. Rekoleksi ini akan berlangsung sampai November,” ujar Kepala Paroki Pejompongan Romo Rudy Hartono.

Rencana serupa juga telah dibuat Paroki Maria Bunda Karmel Tomang, Jakarta Barat. Selama Tahun Kerahiman Allah, paroki telah menetapkan tiga kegiatan utama, yakni “Momen 24 Jam untuk Tuhan”, Gerakan Rohani Jumat, Sabtu, Minggu, yang telah dimulai pekan pertama Februari, dan ziarah rohani ke sembilan gereja.

Sementara di Paroki Stella Maris Pluit, Jakarta Utara pada Jumat-Sabtu, 4-5 Maret nanti, gereja akan dibuka selama 24 jam. Pelayanan Sakramen Tobat akan diadakan selama 24 jam, enam imam telah siap melayani Sakramen Tobat. Setiap imam akan mendapat jatah empat setengah jam untuk pelayanan Sakramen Tobat.

Paroki St Maria Regina (Sanmare) Bintaro Jaya akan membuka pelayanan Sakramen Tobat pada momen “24 Jam untuk Tuhan”. Menurut jadwal yang telah dilansir, umat bisa menerima Sakramen Tobat di paroki ini pada pukul 18.00-22.00. Tiga orang imam akan memberikan pelayanan Sakramen Tobat pada dua hari itu. Pelayanan ini akan terus bergulir selama masa Prapaskah dan sesudah Paskah. Rencana, para imam di paroki ini akan secara bergilir mengunjungi umat di wilayah-wilayah untuk melayani Sakramen Tobat.

Pada momen “24 Jam untuk Tuhan”, Pelayanan Sakramen Tobat di Paroki St Yakobus Kelapa Gading, Jakarta Utara akan berlangsung sesudah Misa harian pagi dan sore. “Para romo akan ‘buka warung’ sesudah Misa harian,” kata Kepala Paroki Kelapa Gading Romo Antonius Gunardi MSF melalui pesan pendek. “Buka warung” yang dimaksud adalah siap sedia melayani Sakramen Tobat di bilik pengakuan dosa di Gereja St Yakobus.

Hampir semua paroki di KAJ telah merancang aneka kegiatan untuk merayakan Tahun Kerahiman Allah sesuai dengan potensi dan kebutuhan umat. Hal ini menunjukkan antusias umat turut serta mengalami Kerahiman Allah yang penuh belas kasih.

Y. Prayogo

Sumber Tulisan: Majalah HIDUP Edisi 10 Tanggal 6 Maret 2016

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*