Artikel Terbaru

St Lorenzo Giustiniani CRSA: Patriakh Pertama Venezia

Gambar St Lorenzo Giustiniani di Katedral San Lorenzo, Venezia.
[katakombe.net]
St Lorenzo Giustiniani CRSA: Patriakh Pertama Venezia
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Meski berlatar bangsawan, kepeduliaannya pada kaum papa amat besar. Dialah pemegang Takhta Kepatriakhan Venezia pertama, yang konsen pada reformasi Gereja.

Venezia merupakan kota yang menjadi salah satu kekuatan maritim terbesar dunia pada abad Pertengahan dan Zaman Fajar Budi. Pasukan Kristen untuk Perang Salib dan Perang Lepanto menjadikan kota perdagangan itu sebagai pangkalan. Mulai abad XIII hingga abad XVII, kota ini didandani dengan berbagai karya seni. UNESCO kini melabeli kota ini sebagai “warisan dunia”.

Wilayah yang meliputi 118 pulau dan dihubungkan satu sama lain dengan jembatan ini sejak 1866 menjadi bagian dari Italia, yang berada di Regio Veneto. Sebelumnya, Venezia adalah teritori yurisdiksi Kerajaan Austria. Penduduk Venezia diyakini merupakan kaum migran dari beberapa kota di Italia, seperti Padua, Aquileia, Treviso, Altino, dan Portogruaro. Mereka hijrah ke Venezia karena sering diganggu oleh bangsa-bangsa di sekitarnya, seperti Visigoth, Hun, dan Lombardia.

Dalam sejarah Gereja, kota ini memiliki nama besar. Di sana berdiri Kepatriakhan Latin Venezia. Awalnya, wilayah ini berada di Keuskupan Altino (kini menjadi gelar Uskup Tituler) dan Keuskupan Padua, dengan Metropolitan di Kepatriakhan Aquileia. Aquileia merupakan salah satu kota utama zaman kekaisaran Romawi kuno. Kota ini terletak di ujung Laut Adriatik, sekitar 10 kilometer dari bibir pantai. Kini kota ini menjadi kota dengan kekayaan situs kuno Romawi, berada di wilayah Friuli-Venezia Giulia, Provinsi Udine, Italia. Sejak zaman kekristenan awal, kota-kota itu menjadi salah satu kantong komunitas Gereja St Markus Penginjil.

Cikal bakal Kepatriakhan Venezia dimulai dari pendirian Keuskupan Olivolo-Rialto tahun 774 pada masa Paus Adrianus I (772-795). Keuskupan ini berada di bawah naungan Kepatriakhan Latin Grado, yang didirikan tahun 750 pada masa Paus Zakharia (741-752). Dengan demikian, dua Kepatriakhan Latin berdampingan, yakni Kepatriakhan Grado dan Kepatriakhan Aquileia.

Tahun 1091, pada masa Paus Urbanus II (1088-1099) Keuskupan Olivolo-Rialto berganti nama menjadi Keuskupan Castello. Akhirnya, Paus Nikolaus V (1447-1455) menggabungkan Keuskupan Castello dan Kepatriakhan Grado menjadi Kepatriakhan Venezia dan mengangkat Uskup Castello Mgr Lorenzo Giustiniani CRSA pada 8 Oktober 1451. Siapakah Patriakh pertama Venezia ini?

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*