Artikel Terbaru

Menghadapi Kehamilan yang Tidak Direncanakan

[www.parenthoodandkids.com]
Menghadapi Kehamilan yang Tidak Direncanakan
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Kehamilan merupakan sebuah proses yang bagi sebagian besar perempuan merupakan bukti akan eksistensi mereka sebagai perempuan. Kehamilan adalah bagian dari proses hidup yang dinanti banyak pasangan. Tentu saja kehadiran anggota keluarga baru merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri yang nantinya diharapkan meramaikan keluarga. Terlebih jika kehadirannya memang sangat diharapkan. Seakan mimpi yang terwujud atau sebuah doa yang terkabul. Berbeda jika kehamilan ini tidak diharapkan atau bahkan di luar perencanaan sama sekali.

Tentu saja kehamilan adalah sebuah kepercayaan yang diberikan Tuhan kepada pasangan untuk merawat dan membesarkan anak. Banyak pasangan yang berharap memiliki momongan, namun tak kunjung terkabul. Terkadang makin diharap kehadirannya, makin jauh ia dari jangkauan kita. Namun kadang, tak diharapkan malah hadir begitu saja. Memang kehamilan adalah sebuah misteri hidup yang hanya Dia yang tahu.

Tulisan ini adalah sebuah sharing pribadi saya akan pengalaman menjalani proses kehamilan yang sama sekali jauh dari yang kami rencanakan. Setelah anak-anak sudah cukup besar, boleh dikata sudah mandiri, kami diberi lagi momongan. Tentu saja ini sangat mengagetkan karena hadir di saat pekerjaan sedang banyak dan semua membutuhkan tanggung jawab dan pikiran yang tidak sedikit. Terlebih di saat umur tak lagi muda. Hal ini membuat semua perencanaan menjadi buyar dan mengubah pola hidup kami.

Saya membayangkan tentu banyak yang memiliki pengalaman yang sama sebagaimana yang saya alami. Banyak di antaranya menjalaninya dengan lancar dan dengan perasaan senang. Namun, mungkin ada juga yang merasa tidak nyaman dan sulit menerimanya dalam jangka waktu yang lama. Saya pun mengalami perasaan yang campur aduk, antara senang dan kaget silih berganti. Berikut ini pengalaman-pengalaman psikologis yang saya rasakan, semoga menjadi sharing yang bermanfaat bagi pembaca.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*