Artikel Terbaru

Kiamat dan Adven

Kiamat dan Adven
Mohon Beri Bintang

Ketiga, tentang kiamat 2012, kiranya dugaan ini tidak mempunyai dasar, baik secara biblis-teologis maupun secara astronomis. Secara astronomis, badan ruang angkasa Amerika Serikat (NASA) bahkan membuat situs khusus untuk membantah hal ini. Mereka menegaskan bahwa tidak ada asterorid atau komet raksasa (namanya Nibiru) yang akan menabrak planet kita, Bumi. Karena, jika memang ada benda tersebut dan sungguh akan menabrak Bumi, pasti NASA sudah bisa mendeteksi tanda-tandanya bertahun-tahun sebelumnya. Yang jelas, tidak ada bahaya khusus terkait dengan tahun 2012. Pada akhirnya kita harus sadar bahwa sumber ramalan ini adalah sebuah film fiksi yang hendak menarik sebanyak mungkin penonton. Ujung-ujung dari sensasi ini adalah duit.

Keempat, kata “Adven” berarti kedatangan. Kata ini merujuk pada tiga peristiwa, yaitu pada masa lalu, masa yang akan datang, dan masa kini. Pertama, peristiwa di masa lalu, yaitu kedatangan Sang Sabda menjadi manusia lemah yang bernama Yesus dari Nazaret. Kedua, kata “adven” merujuk pada kedatangan kedua Yesus Kristus pada akhir zaman, yaitu sebagai hakim akhir jaman. Butir kedua inilah yang mengkaitkan masa Adven dengan akhir zaman (bdk. KGK 524; Prefasi Adven I). Ketiga, kata adven akhirnya merujuk pada kedatangan Yesus Kristus dalam peristiwa-peristiwa hidup kita pada masa saat kini.

Jadi, masa Adven secara liturgis mempersiapkan kita untuk merayakan peringatan kedatangan Yesus Kristus yang pertama, yaitu peristiwa Natal di Betlehem. Persiapan ini juga mengarahkan pandangan kita untuk menyambut kedatangan Yesus Kristus yang kedua kelak, pada akhir zaman atau akhir hidup kita masing-masing. Kedua butir ini sekaligus membuat kita lebih peka menanggapi kedatangan atau sapaan Tuhan Yesus dalam hidup kita saat ini.

Pastor Dr Petrus Maria Handoko CM

Sumber: Majalah HIDUP Edisi No. 48 Tanggal 29 November 2009

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*