Artikel Terbaru

Bt Louis Martin dan Bt Zelie Guerin: Pasutri Yang Kudus

[NN]
Bt Louis Martin dan Bt Zelie Guerin: Pasutri Yang Kudus
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Louis Martin dan Zelie Guerin adalah orangtua yang setia dan bertanggungjawab dalam mendidik dan membina iman anak-anaknya. Berkat bimbingan mereka, lima orang putrinya menjadi biarawati.

Lahir di Bordeaux pada 22 Agustus 1823, dari pasangan Pierre Francois Martin dan Marie Anna Fanie Boureau, Louis Martin menyelesaikan studinya di Alencon. Dia tidak mengikuti karir ayahnya sebagai seorang militer, tetapi memilih bekerja sebagai tukang jam.

Louis sangat percaya kepada Tuhan dan rajin berdoa. Suatu ketika ia mempunyai keinginan menjadi seorang pastor. Tetapi kemampuannya berbahasa Latin sangat lemah. Dia mencoba belajar bahasa Latin, tapi dia menyerah. Louis kembali ke Alencon dan kembali bekerja sebagai tukang jam.

Sedangkan Zelie Guerin lahir di Gandelain pada 23 Desember 1831. Dia adalah putri pasangan Isodore Guerin dan Louise Jeanne Mace. Ketika ayahnya pensiun, mereka pindah ke Alencon. Zelie sangat terkenal karena bisnis renda.

Semasa belia, Zelie pernah mempunyai keinginan untuk masuk biara. Ia pun memutuskan masuk Kongregasi Putri Kasih. Tapi setelah berdiskusi dengan superior Kongregasi Putri Kasih di Alencon, dia mengerti bahwa masuk biara bukanlah kehendak Tuhan.

Dalam satu acara di Alencon, Zelie diminta bercerita tentang bisnis rendanya yang berhasil. Ibunda Louis Martin juga hadir. Dalam satu perbincangan antara mereka berdua, ibunda Louis Martin mengatakan bahwa Zelie merupakan wanita yang sangat luar biasa. Ketika itu pula ia meminta Zelie berkenan menjadi menantunya.

Masih membara
Pada 13 Juli 1858, Louis Martin dan Zelie Guerin melangsungkan pernikahan. Meskipun sudah menikah, ternyata keinginan mereka masuk biara masih membara. Tahun pertama pernikahan, mereka memutuskan untuk menjalani hidup sebagaimana layaknya kakak dan adik. Mereka pun tidak ingin mempunyai anak.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*