Artikel Terbaru

Kidung Pesan La Virgen Morenita

Paus Fransiskus sedang berdoa di ruang penyimpanan mantol Juan Diego yang bergambar La Virgen Morenita.
[iguazunoticias.com]
Kidung Pesan La Virgen Morenita
1 (20%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – Paus Fransiskus mengidungkan pesan la Virgen Morenita di Meksiko. Ia mengulangi pesan Bunda Maria yang menampakkan diri kepada Juan Diego.

Virgen Morenita adalah sebutan khas Santa Perawan Maria dari Guadalupe. Sebutan itu ingin melukiskan penampilan khas Bunda Maria bergaya Indian, yakni Perawan Suci berkulit coklat dari Meksiko. Peristiwa iman dalam penampakan Bunda Maria kepada Juan Diego pada 1531, direfleksikan secara mendalam oleh Paus Fransiskus dalam kunjungan apostoliknya ke Meksiko.

“Bagaimana mungkin saya tidak datang?” ungkapnya kepada para uskup Meksiko, Sabtu, 13/2. “Dapatkah Penerus St Petrus, yang dipanggil dari Amerika Latin di ujung Selatan, menghalangi dirinya untuk berjumpa dengan la Virgen Morenita?” Pertanyaan itu meletup lantaran la Virgen Morenita adalah pelindung 24 negara di Amerika –termasuk negara asal Paus– yang benderanya berjajar di Basilika St Perawan Maria dari Guadalupe. Pun kesadaran Bapa Suci sebagai keturunan imigran yang tidak selalu mudah menjalani hidup di tanah rantau.

Tumbuhkan Harapan
Bapa Suci merefleksikan, penampakan la Virgen Morenita merupakan cara Allah mengangkat orang kecil dan tersingkir. Inilah gugatan bagi seluruh Gereja. “Allah menumbuhkan harapan bagi yang kecil, yang menderita, yang tersingkir dan ditolak, dan mereka yang merasa tidak pantas menempati tanah ini. Allah datang dan terus mendekati mereka yang menderita, meskipun banyak ayah, ibu, kakek-nenek berkeras hati melihat anak-anaknya pergi, hilang, bahkan telah terjerat kriminalitas,” katanya.

Penampakan la Virgen Morenita dilihat Paus sebagai wujud keberpihakan Allah pada kaum papa. Juan merupakan representasi rakyat kecil yang sering dianggap tidak berguna. Namun, Allah mengangkatnya menjadi duta harapan bagi sesamanya. Tak heran jika dalam selang waktu tujuh tahun pasca penampakan itu, ribuan Suku Aztec membanjir untuk minta dipermandikan. “Seperti la Virgen Morenita menampakkan diri kepada Juan yang sederhana, demikian juga ia terus menampakkan diri kepada kita –terutama kepada kita yang merasa tidak berharga seperti Juan,” kata Paus.

Bapa Suci mengajak dan ingin meluruskan penghayatan devosi Gereja di Meksiko kepada la Virgen Morenita. Tak jarang para kartel narkotika, bandar obat terlarang, geng-geng mafia yang memperdagangkan orang dan senjata secara ilegal, terlihat mengikuti prosesi untuk menghormati Bunda Maria. Paus berharap, kesadaran akan ketidakberdayaan di hadapan Allah membawa harapan yang mengubah hidup menjadi lebih baik.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*