Artikel Terbaru

Pastoral Panggilan Kreatif

Pastor Yohanes Radityo Wisnu Wicaksono.
[NN/Dok.Pribadi]
Pastoral Panggilan Kreatif
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comBeberapa paroki di Keuskupan Agung Jakarta menjadi lahan subur panggilan membiara. Menumbuhkembangkan panggilan perlu pastoral yang lebih kreatif.

Beberapa paroki di Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) subur panggilan.Di antaranya Paroki Hati St Perawan Maria Tak Bernoda Tangerang, Paroki St Arnoldus Janssen Bekasi, Paroki St Aloysius Gonzaga Cijantung, dan Paroki Keluarga Kudus Rawamangun. Faktor apa yang membuat beberapa paroki tersebut subur panggilan? HIDUP menemui Ketua Komisi Panggilan KAJ Romo Yohanes Radityo Wisnu Wicaksono. Berikut petikan wawancara dengan imam yang akrab disapa Romo Inung ini:

Apa tantangan utama pastoral panggilan di KAJ?
Tantangannya adalah bertemu dengan umat yang memiliki gaya hidup kota metropolitan yang serba instan, serba mudah, serta sulit jika diajak mengikuti proses. Maunya cepat selesai, cepat sukses, cepat memperoleh yang diinginkan. Jadi ketika masuk dalam proses di seminari atau biara, pasti mengalami kesulitan.

Banyak remaja pria bertanya, “Berapa lama bisa menjadi seorang imam?” Ketika dijawab perlu waktu 10 sampai 15 tahun, mereka menjawab, “Kok lama banget ya!” Hal ini terkadang membuat semangat panggilan mereka mengendur.

Tantangan lain yang kerap ditemui terkait dengan pastoral panggilan di paroki-paroki. Ada romo yang secara serius membuat kelompok-kelompok bagi orang muda Katolik yang secara khusus ingin menjawab panggilan hidup sebagai suster, imam, atau bruder. Melalui kelompok-kelompok ini, romo paroki secara khusus menyapa mereka yang terpanggil. Namun, ada pula romo-romo paroki yang menyerahkan pastoral panggilan ini kepada seksi panggilan paroki. Kalau berjalanya syukur, tapi jika tak berjalan juga tidak apa-apa. Ada juga paroki yang sama sekali tidak menjalankan pastoral panggilan. Nah, ini tantangan bagi kami yang berkarya di Komisi Panggilan.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*