Artikel Terbaru

Bernadetta Widiandajani: Amanah Sekretaris Signis Asia

Bernadetta Widiandajani
[NN/Dok.Pribadi]
Bernadetta Widiandajani: Amanah Sekretaris Signis Asia
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comBagi dia, jabatan adalah sebuah amanah. Ia berusaha total dalam karya dan tanggung jawab yang dipercayakan kepadanya, terutama dalam dunia pewartaan Gereja.

Bernadetta Widiandajani menjadi pembicara dalam Asian Communication Network (ACN) Workshop di Fakultas Filsafat STFT St Yohanes Pematangsiantar, Sumatera Utara, September lalu. Bagi Widi, sapaannya, menjadi narasumber bidang komunikasi sosial bukanlah hal baru. Ia kerap diundang ke berbagai workshop dan seminar. Dalam dua tahun terakhir, Widi diundang untuk menjadi narasumber dalam Program Komunikasi Sosial di beberapa Seminari Tinggi. Saat ini ia menjabat sebagai Sekretaris Signis Asia.

Signis adalah Asosiasi Komunikasi Katolik Dunia. Lembaga swasta internasional non-profit ini menyatukan komunikator dan profesional media Katolik dari seluruh dunia. Signis merupakan merger dari Asosiasi Radio dan Televisi Katolik (The International Catholic Association for Radio and Television/UNDA) dan Organisasi Film dan Audiovisual Katolik (The International Catholic Organization for Cinema and Audiovisuals/OCIC). Signis berkarya untuk membuat program radio, seperti drama radio atau mini features, program televisi, film, pendidikan media, hingga internet.

Dari Yogyakarta
Menjadi Sekretaris Signis Asia merupakan ujung dari rangkaian jejak panjang perjalanan Widi di dunia komunikasi dan pewartaan Gereja. Pada 1988, Widi mulai berkarya di Studio Audio Visual (SAV) Puskat Yogyakarta. Di sana, ia berguru kepada Romo Ruedi Hofmann SJ, pendiri SAV Puskat. Dari Romo Hofmann, Widi yang tidak memiliki latar belakang pendidikan komunikasi, belajar melihat tantangan komunikasi sosial dan pewartaan jangka panjang. “Romo Ruedi Hofmann sangat visioner. Kala itu, ia memikirkan bagaimana kondisi 10 tahun yang akan datang,” kenang Widi.

Pada awal milenium, Widi mulai mengakrabi kegiatan Signis. Widi dipercaya memangku jabatan Sekretaris Eksekutif Signis Indonesia. Pada 2006, dalam Rapat Anggota Signis Indonesia di Pontianak, Kalimantan Barat, ia resmi diterima sebagai Anggota Perseorangan Signis Indonesia.

Satu tahun berselang, Widi ditunjuk menjadi Sekretaris Signis Indonesia (2007-2011) dalam Rapat Anggota Signis Indonesia ke-33 di Pacet, Mojokerto, Jawa Timur. Dalam Rapat Anggota Signis Indonesia ke-37 di Kupang, Nusa Tenggara Timur, lagi-lagi Widi terpilih untuk mengampu tugas yang sama periode 2011-2015. “Jadi selama 15 tahun
mulai 2000-2015, saya melayani Signis Indonesia, baik sebagai Sekretaris Eksekutif maupun Sekretaris Signis Indonesia,” ungkap Widi.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*