Artikel Terbaru

Kerahiman Allah Memerdekakan

A girl prays on a background of Jesus Christ.

HIDUPKATOLIK.com – Menjelang Masa Prapaskah 2016, Uskup Agung Jakarta, Mgr Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo mengeluarkan surat gembala, yang disampaikan sebagai pengganti khotbah Misa Sabtu-Minggu, 6-7 Februari 2016. Berikut salinannya:

Para Ibu dan Bapak, Suster, Bruder, Frater, Kaum Muda, Remaja dan Anak-anak yang terkasih dalam Kristus,

Pertama-tama saya ingin mengucapkan selamat menyambut Tahun Baru Imlek yang akan jatuh pada Senin, 8 Februari 2016 yang akan datang, kepada Ibu, Bapak, saudari-saudara yang merayakannya. Kita semua tahu, Tahun Baru Imlek pada mulanya berkaitan dengan syukur para petani atas datangnya musim semi, musim yang menjadi lambang munculnya kehidupan baru setelah musim dingin yang beku. Kalaupun tidak semua kita merayakannya, bolehlah kita semua ikut masuk ke dalam suasana sukacita dan syukur atas berseminya kehidupan baru dan harapan baru.

Sementara itu, bersama dengan seluruh Gereja, pada Rabu, 10 Februari 2016 yang akan datang, kita akan memasuki Masa Prapaskah. Kita semua tahu bahwa Prapaskah adalah masa penuh rahmat. Selama Masa Prapaskah ini, kita diajak untuk bersama-sama, secara khusus, mengolah pengalaman-pengalaman dan mengusahakan pembaruan hidup agar dapat semakin mantab dan setia mengikuti Yesus Kristus masuk ke dalam sengsara dan wafat-Nya, dan selanjutnya ikut bangkit bersama Dia. Masa Prapaskah tahun ini terasa istimewa karena kita jalani dalam Tahun Suci Luar Biasa Kerahiman Allah. Untuk kepentingan Masa Prapaskah tahun ini, oleh Dewan Karya Pastoral sudah disediakan berbagai sarana pendalaman iman dengan tema “Kerahiman Allah Yang Memerdekakan”. Semoga bahan-bahan yang sudah disediakan ini dapat membantu seluruh umat untuk membuat Masa Prapaskah semakin bermakna dan berbuah. Selain itu, panduan gerakan rohani Keuskupan Agung Jakarta dalam rangka menyambut Tahun Suci Luar Biasa Kerahiman Allah juga dapat sangat membantu membuat Masa Prapaskah ini menjadi masa yang penuh rahmat.

Saudari-saudaraku yang terkasih,

Untuk memperdalam renungan kita mengenai tema Masa Prapaskah ini, saya tawarkan butir-butir gagasan yang dapat kita gali dari sabda Tuhan yang dibacakan pada hari ini.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*