Artikel Terbaru

Semangat Berbagi

Semangat Berbagi
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Minggu ini kita merayakan peringatan kelahiran Yesus. Kita pantas berbahagia karena Sang Juru Selamat telah lahir di dunia. Kebahagiaan itu biasanya diekspresikan umat dengan berbagai cara. Komunitas Sant’Egidio membagikan kebahagian Natal itu dengan cara menggelar “Makan Siang Natal” bersama orang-orang miskin dan terpinggirkan.

Selain “Makan Siang Natal,” ekspresi kebahagiaan Natal juga dilakukan para Uskup dengan cara lain, seperti Open
House
Natal yang dilakukan di Keuskupan Agung Makassar dan Palembang, Keuskupan Banjarmasin, Palangkaraya, Amboina, serta Keuskupan lain. Kegiatan ini biasanya diadakan secara rutin tiap tahun. Di acara itu, para pejabat pemerintah daerah, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan masyarakat setempat hadir untuk mengucapkan selamat Natal dan saling bersilaturahmi. Kedatangan para tamu ini tentu membahagiakan, sebab masih banyak orang yang berbeda agama mau menyampaikan ucapan selamat Natal dan bisa ikut merasakan kebahagiaan Natal. Lewat acara itu pula, silaturahmi yang harmoni antarpemuka agama juga bisa terwujud.

Apakah aksi berbagi kebahagiaan Natal harus dilakukan dengan acara besar seperti yang kami ungkapkan ini? Tentu saja tidak. Umat juga bisa melakukan di rumah masing-masing. Jika masih ada tetangga yang mau datang untuk mengucapkan selamat Natal, kesempatan itu perlu disambut baik, seperti orang Muslim menyambut tamu saat Lebaran. Atau juga bisa dilakukan dengan berbagi makanan ke tetangga terdekat, seperti orang Muslim berbagi opor ayam kepada tetangga mereka. Tradisi tersebut tidak ada salahnya kita contoh, sebab lewat aksi berbagi itu kerukunan dan kedamaian bisa kita pupuk dan wujudkan dengan orang yang tinggal dekat dengan kita. Selamat Natal dan Selamat Berbagi!

Redaksi

Sumber Tulisan: Majalah HIDUP Edisi 52 Tanggal 25 Desember 2016

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*