Artikel Terbaru

Teresa Rosa Dahlia Yekti Pratiwi: Totalitas Melayani Anak-Anak Papua

Teresa Rosa Dahlia Yekti Pratiwi bersama anak-anak Papua.
[NN/Dok.Pribadi]
Teresa Rosa Dahlia Yekti Pratiwi: Totalitas Melayani Anak-Anak Papua
1 (20%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.comIa memutuskan berangkat ke pedalaman Papua. Pilihan itu ditentang keluarganya. Dua tahun ia tak ditegur sang ayah. Ia justru mendapat anugerah “Pahlawan Pendidikan”.

Teresa Rosa Dahlia Yekti Pratiwi menjadi satu dari sembilan tokoh pemenang program “Pahlawan untuk Indonesia 2016” dari MNCTV. Program ini bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada sejumlah individu yang dinilai menginspirasi lingkungan di sekitarnya dengan berbagai kegiatan positif tanpa pamrih. Rosa mendapatkan penghargaan ini atas kiprahnya sebagai guru di beberapa daerah terpencil di Papua. Ini kali ketiga, ia mendapatkan penghargaan tingkat nasional.

Rosa berkisah, menjadi guru tak pernah terlintas di benaknya, meski sejak SMA ia tertarik ke Papua. Perjumpaan dengan buku Sokola Rimba karya Butet Manurung pada 2007 mengubah pandangannya. “Di situlah starting point saya tertarik menjadi guru di pedalaman,” ujarnya.

Kecintaan pada anak-anak mendorong Rosa, saat masih kuliah, ikut serta dalam sejumlah komunitas belajar-mengajar, misal di Perkampungan Sosial Pingit di Yogyakarta yang membantu anak-anak jalanan belajar membaca dan menulis. Lulus kuliah, Rosa bergabung dengan program Satu Buku untuk Indonesia.

Berjibaku
Pada 2013, Rosa lolos seleksi program mengajar di pedalaman yang diselenggarakan Yayasan SURE bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya, Papua untuk membuat sekolah percontohan. Sekolah tersebut menyeleksi 30 anak dari sekolah-sekolah kampung kemudian dimasukkan asrama. Rosa ditempatkan di Distrik Tiom, ibukota Lanny Jaya.

Bulan pertama, Rosa harus berhadapan dengan kenyataan, peserta sekolah percontohan belum bisa membaca, menulis, dan berhitung. “Saya stres karena kemampuan anak-anak tidak sesuai dengan yang diharapkan.”

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*