Artikel Terbaru

HIDUP 70 Tahun

HIDUP 70 Tahun
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Majalah HIDUP bersyukur telah mencapai usia 70 tahun. Jarang ada media cetak, utamanya majalah, di negeri ini yang mencapai usia itu dan masih bertahan terbit. Dalam sejarah pers Indonesia, usia HIDUP menduduki peringkat atas.

Menurut dokumentasi tertua, cikal bakal Majalah HIDUP adalah terbitan 5 Januari 1940, berjulukKerkelijk weekblad. Informasi rohani dan kegiatan Gereja Katedral Jakarta itu beberapa kali ganti nama. Misalnya, 4 Januari 1948 menjadi Katholiek Leven. Setelah sepuluh tahun, 8 Desember 1957 nama itu diindonesiakan menjadi Hidup Katolik. Nama HIDUP yang disandang sampai sekarang dimulai 5 Juli 1970.

Perjuangan untuk setia terbit setiap pekan pun layak disyukuri. Memang, menurut catatan, karena force majeure setelah terjadi G 30 S/PKI, majalah ini sempat terhalang terbit. Namun pada edisi akhir Oktober 1965 dimaklumkan bahwa terbitan yang absen digabung dalam nomor itu. Perangkapan serupa dilakukan akhir 1992 karena karyawan mengadakan “retret agung”.

Selain setia menjumpai pembaca setiap pekan, isi dan tampilan majalah juga diperbaiki agar bisa memenuhi kebutuhan pembaca. Dengan kertas mewah dan kemasan isi yang sejauh mungkin sesuai standar majalah pada umumnya.

Karena hal itu, dua lembaga pemeringkat memberikan penghargaan. Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid) memberi penghargaan sebagai majalah rohani Katolik pertama, terlama, dan konsisten terbit selama 70 tahun. Penghargaan serupa juga datang dari Muri (Museum Rekor Indonesia).

Kita layak merenungkan pesan Uskup Agung Jakarta, Mgr Ignatius Suharyo ketika memimpin Misa Perayaan 70 tahun Majalah HIDUP, 5 Januari lalu. Bahwa kesetiaan atau konsistensi itu bisa terwujud karena adanya idealisme dan kreativitas. Idealisme sebagai pewarta Kerajaan Allah dan kreatif dalam karya jurnalistik. Itulah yang membuat Majalah HIDUP tetap hidup.

Redaksi

Sumber Tulisan: Majalah HIDUP Edisi 3 Tanggal 17 Januari 2016

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*