Artikel Terbaru

Menabur Benih Kasih

Menabur Benih Kasih
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Tuhan merentangkan tangan-Nya kepada para biarawati untuk melayani kaum difabel. Berbagai cara dibuat agar mereka yang kecil dan tak berdaya mendapat kasih.

Hidup bagi Sr André Lemmers FCJM seperti sebuah pelangi. Kaya akan warna-warni pengalaman, tantangan, dan perasaan. Keanekaragaman itulah yang justru membuat pelangi kehidupan menjadi indah, dinamis, dan nikmat dipandang.

Pelangi, menurut suster bernama asli Theodora Antonia Maria Lemmers ini, adalah simbol keselamatan dan perjanjian. Dalam kisah Air Bah, pelangi adalah bukti keselamatan dan perjanjian ilahi antara Allah dengan Nuh, bahwa Dia tak akan mendatangkan air bah lagi.

Bagi Sr André, pelangi bermakna sangat besar dalam hidupnya. Maka suster asal Belanda ini menamai yayasannya “Sinar Pelangi”; berdiri sejak 14 April 1989. Ia mengibaratkan yayasan yang menjadi pusat rehabilitasi bagi kaum difabel dan panti asuhan itu seperti Bahtera Nuh yang menjamin keselamatan penumpangnya.

Sr André sangat menjiwai makna pelangi, yakni hadir dan memancarkan keindahan bagi manusia tanpa pandang bulu. Semangat itu ia terapkan dalam mengelola Yayasan Sinar Pelangi (YSP). “Diusahakan, siapa saja yang lewat di sini dibantu. Tidak melulu harus dengan materi, tapi juga bisa dengan pikiran, memberi input,” ujarnya.

Hikmah Tantangan
Kala berusia 18 tahun, anak ketiga dari sebelas bersaudara ini mulai mempertanyakan jalan hidupnya. Ia merasa hatinya tak tenang menjalani rutinitas. Namun, ia berusaha tegar. Tiga tahun ia mencoba mengabaikan segala perasaan itu, tapi usahanya kandas untuk menyembunyikan suara hatinya. Ia pun memutuskan melamar menjadi biarawati.

Karena terbiasa bekerja, pergi ke berbagai tempat, dan mendapatkan uang, tahun pertama di biara ia rasakan seperti dalam penjara. Namun Sr André memaknai tantangan itu secara positif. Baginya, tantangan dibutuhkan untuk mengasah diri makin matang.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*