Artikel Terbaru

Malaikat-Malaikat Tak Bersayap

Tak Menyerah: Soleh sedang mengamplas kayu di bengkel kerajinan tangan di kompleks Yayasan Sinar Pelangi Jatibening.
[HIDUP/Yanuari Marwanto]
Malaikat-Malaikat Tak Bersayap
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Sejumlah tarekat suster menjalankan karya kemanusiaan untuk penyandang disabilitas. Mereka adalah malaikat-malaikat tak bersayap. Mereka memberikan hati bagi “orang-orang tersembunyi”.

Siapa tak kenal Bunda Teresa dari Kalkuta India? Ibu kaum papa ini selalu muncul dengan senyum teduh, bersari putih tipis bergaris-garis biru. Hingga wafatnya, ia hadir bagi orang-orang terbuang, miskin dan sekarat, cacat mental dan fisik, serta gelandangan dan yatim-piatu. Ia berani meninggalkan kemapanan dan keluar dari tembok biara.

Situasi Kalkuta memang amat memprihatinkan kala itu. Kata Bunda Teresa, di kota bengis ini, anjing diperlakukan lebih baik dibanding manusia. Di Kalkuta banyak terdapat wilayah kumuh dan padat penduduk. Ada seloroh tentang Kalkuta, “Jika tak ingin dikencingi atau diberaki, pasanglah gambar dewa di pagar rumahmu. ”

Utusan Tuhan
Uniknya, Tuhan justru mengirim malaikat-malaikat tak bersayap dalam diri Bunda Teresa dan para suster dari tarekat yang ia dirikan, Misionaris Cinta Kasih (Missionaries of Charity, MC) ke tempat itu. Mereka hidup bersama kaum terpinggirkan, merawat, dan mengantar mereka yang tak terselamatkan menuju nirwana dengan layak.

“Aku telah hidup seperti binatang di jalanan, tapi sekarang akan mati sebagai seorang malaikat yang dicinta,” kata seorang laki-laki yang dirawat kepada Bunda Teresa di pantinya. Meski Bunda Teresa sudah mangkat, karya pelayanannya tetap berlanjut. Tarekat yang didirikan Bunda Teresa pada 1950, berlabuh di Indonesia lima tahun lalu. Tepatnya di Weoe, Timor, Nusa Tenggara Timur, Keuskupan Atambua.

Tuhan tak hanya mengirim malaikat tak bersayap itu ke Kalkuta. Dia juga mengirim malaikat-malaikat tak bersayap yang lain ke Tanah Air ini.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*