Artikel Terbaru

St Odilia: Perawan dan Martir

Sumber: Sacredimagination.org
St Odilia: Perawan dan Martir
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Iman Odilia patut menjadi teladan bagi semua orang yang percaya kepada Kristus. Salah satu keteguhan iman yang dimilikinya ialah ketika sang ayah memaksanya menikah dengan seorang pangeran Jerman yang kaya raya. Odilia mengatakan kepada ayahnya, hanya Tuhan Yesus, pasangan hidupnya. Odilia nekat pergi ke tempat yang jauh karena sikap ayahnya ini. Namun, beberapa tahun kemudian, ayahnya kembali memanggil dia pulang dan mendirikan sebuah biara di Hohenburg, Prancis untuknya. Odilia pun pulang dan menjadi kepala biara di situ. Ia juga membangun biara lain dengan nama Odilienburg di Niedermunster.

Ketika berziarah bersama Santa Ursula ke Roma, ia dibunuh oleh tentara yang kejam dan bengis. Ia dikenal sebagai perawan dan martir. Odilia menampakkan diri kepada Yohanes Novelan de Eppa, seorang bruder Ordo Salib Suci (OSC) di Paris, Prancis. Dalam penampakan itu, Odilia menceritakan bawah relikwi dirinya dapat ditemukan di kebun buah Cologne. Maka, Yohanes menemui kepala biara untuk melakukan penggalian.

Setelah berulang kali meminta, akhirnya kepala biara memberi izin. Relikwi yang ditemukan saat itu dibawa ke biara induk Huy, Belgia. Selama perjalanan ke Huy, berbagai mukjizat penyembuhan terjadi: kesembuhan dari sakit mata, kebutaan, kelumpuhan, dan penyakit-penyakit fisik lainnya. Pada waktu revolusi Prancis, biara Huy hancur total dan relikwi St Odilia hilang. Namun, pada 1949 ditemukan kembali tulangnya, kemudian dibawa ke Gereja Onami, Minessota, Amerika Serikat. Banyak peziarah yang berkunjung ke sana. Odilia wafat pada 13 Desember 720. Pesta Santa Odilia diperingati setiap 13 Desember.

Stefanus P. Elu,
Laporan: Konrad R. Mangu

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*