Artikel Terbaru

Istri Perokok Saat Hamil

Sumber: obatanakbumil.com
Istri Perokok Saat Hamil
Mohon Beri Bintang
HIDUPKATOLIK.comDear Pengasuh. Saya Greg dari Jakarta. Saya sangat sedih beberapa bulan terakhir ini karena kebiasaan lama istri saya belum bisa dihilangkan. Salah satu kebiasaannya adalah merokok. Sudah berulang kali saya menegur dan memintanya untuk tidak merokok, tetapi tidak digubris. Ini sebenarnya bukan untuk saya, tetapi untuk janin dalam perutnya. Saya sedih karena sekarang dia sedang hamil dua bulan, tapi masih merokok. Padahal saya sendiri tidak merokok. Setiap kali ditanya alasannya, “Kan dari uangku bukan uang kamu.” Saya bingung. Bagaimana cara agar bisa membantu buat istri saya berhenti merokok. Terimakasih.
Greg, Jakarta
Dear Bapak Greg yang sedang galau. Betapa menjengkelkannya punya pasangan hidup yang berperilaku tidak sesuai dengan harapan kita. Harapan kita selalu bagus, sayang pasangan hidup kita tidak selalu membuat harapan tersebut menjadi kenyataan.
Bagaimana supaya istri tidak merokok saat hamil? Pertama-tama harus memahami dulu apakah istri memiliki pengetahuan mengenai bahaya merokok untuk dirinya maupun untuk janin yang dikandungnya? Mungkin istri tetap merokok saat hamil karena tidak tahu bahaya merokok.
Saat istri memeriksakan kesehatan kepada tenaga kesehatan, sebaiknya Bapak menemani dan menanyakan mengenai bahaya rokok saat hamil kepada tenaga kesehatan. Biasanya, setelah tahu bahaya merokok, seseorang akan mengurangi atau berhenti.
Namun demikian, banyak orang yang sebenarnya tahu bahaya merokok dan ingin berhenti merokok, tetapi tidak bisa. Hal ini karena pengaruh nikotin di rokok yang menyebabkan seseorang selalu ketagihan merokok. Orang yang mengalami ketagihan rokok sebaiknya mengunjungi ahli terapi perilaku untuk mendapat perlakuan yang tepat.
Kesulitan berhenti merokok selain karena pengaruh nikotin, juga karena permasalahan emosional. Orang-orang yang sedang sedih, bingung, atau kecewa akan membayangkan bahwa merokok dapat mengalihkan emosi negatifnya. Namun berbagai penelitian menunjukkan, merokok tak dapat mengurangi emosi negatif seseorang, bahkan cenderung meningkatkannya.
Bisa juga karena belum munculnya ikatan batin yang kuat antara istri dengan janin. Pada ibu hamil yang memiliki hubungan batin yang sangat erat dengan janinnya, ia akan berusaha menyehatkan janinnya. Apakah kehamilan saat ini sungguh diharapkan oleh istri?
Kemungkinan lain adalah istri merasa tidak mau menuruti kata-kata suami. Kalau hal ini terjadi, Bapak perlu meneliti mengapa istri tidak mendengar nasihat suami. Seorang suami akan ditaati istri, bila suami telah memberikan harapan-harapan istri sehingga timbul kepuasan dalam rumah-tangga.
Hal ini membuat istri merasa dapat hidup mandiri karena memiliki uang. Seseorang yang merasa memiliki uang dan merasa tidak perlu menaati nasihat suami, perlu kita bantu untuk memahami bahwa kehidupan kita tak hanya ditentukan oleh uang. Nasihat berhenti merokok bukan hanya untuk menghemat uang, tapi mencegah janin dan ibunya dari sakit.
Perilaku merokok sering dilakukan oleh beberapa orang bersama-sama. Kalau hal ini terjadi pada istri Bapak, berarti istri Bapak memerlukan teman, dan teman yang nyaman adalah rokok. Bila hal ini terjadi, Bapak sebaiknya membantu istri mendapat kelompok persahabatan yang bukan perokok.
Selain itu, ada hal yang sering kita lupakan dalam membangun rumah tangga, yaitu keinginan mengubah pasangan menjadi seseorang yang kita inginkan, tapi kadang tak sejalan dengan harapan kita. Akhirnya timbul perasaan ketidakpuasan dalam perkawainan yang mengakibatkan kesalapahaman, seperti ketidaktaatan dan akhirnya menimbulkan konflik.
Bapak bisa melihat kembali masa pacaran indah sebelum menikah dan cobalah diteliti kembali hal-hal yang menyebabkan istri tidak berhenti merokok. Semoga Bapak dapat menemukan sumber permasalahannya, memahami istri, dan kemudian bersama istri saling melengkapi kehidupan ini. Salam.
Margaretha Sih Setija Utami
Sumber: Majalah HIDUP Edisi No. 51 Tanggal 20 Desember 2015

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*