Artikel Terbaru

Bacaan Masa Adven

[Ist]
Bacaan Masa Adven
Mohon Beri Bintang
HIDUPKATOLIK.comMengapa pada awal masa Adven, bacaan-bacaan diambil dari Kitab Nabi Yesaya? Apakah ada logika tertentu yang digunakan dalam menyusun bacaan-bacaan Misa harian pada masa Adven?
Yustina Titik Sumiati, Malang
Pertama, “Adven” (Latin) berarti kedatangan. Masa Adven adalah masa penantian penuh harapan dan suka cita akan kedatangan Tuhan. Masa Adven mempunyai dua tujuan, yaitu pertama, mengarahkan hati agar umat dengan penuh harapan, menanti kan kedatangan Tuhan pada akhir jaman, yang di wujudkan sejak Minggu Adven pertama sampai 16 Desember. Kedua, mempersiapkan hari raya Natal, yaitu perayaan kedatangan Tuhan yang pertama di antara umat manusia, yang diwujudkan sejak 17 Desember sampai pe rayaan Malam Natal, 24 Desember.
Kedua, untuk melukiskan keadaan keselamatan yang dirindukan setiap manusia pada akhir zaman, bacaan pertama Misa Harian diambil secara terus-menerus dari Kitab Nabi Yesaya. Di antara kitab-kitab para nabi, Yesaya inilah yang menyuarakan secara lantang dan rinci kerinduan setiap manusia akan penebus yang memulihkan keselamatan manusia. Pemilihan bacaan pertama dari Kitab Nabi Yesaya mulai Senin pekan pertama Adven sampai Rabu pekan kedua Adven, dilakukan secara urut, mulai dari bab awal sam pai bab yang paling akhir. Pada sembilan hari ini, baca an pertama menentukan pemilihan bacaan Injil, ya itu mendukung gagasan yang ada dalam bacaan pertama.
Selama sembilan hari ini, bacaan pertama dari Yesa ya melukiskan berbagai aspek pemulihan yang di bawa kedatangan Sang Penyelamat, misalnya keadaan damai, tidak ada lagi perang di antara bangsabangsa (Senin pekan pertama, 2:1-5), kedamaian seperti keadaan sebelum manusia jatuh ke dalam dosa di mana ada keserasian dan keselarasan antara manusia dan binatang serta di antara para binatang (Selasa, 11:1-10). Keselamatan akhir zaman juga membawa damai sejahtera yang meniadakan maut dan menghapuskan segala air mata kesedihan serta memulihkan kegembiraan dan kepenuhan hidup seperti dalam pesta pernikahan (Rabu, 25:6-10), dan merupakan ganjaran bagi mereka yang benar, tetap setia, dan berhati teguh (Kamis, 26:1-6), orang tuli akan mendengar, orang buta akan melihat, sedangkan orang jahat akan dilenyapkan (Jumat, 29:17-24), Tuhan akan menyatakan kasih dan belas kasih-Nya, serta segala usaha manusia membawa hasil berlimpah (Sabtu, 30:19-21.23-26).
Tiga hari pada pekan kedua Adven melanjutkan lukisan keselamatan yang akan datang, tetapi mengarahkan perhatian lebih kepada kehadiran Allah yang datang untuk menyelamatkan (Senin pekan kedua, 35:1-10), Ia datang dengan kekuatan dan dengan tangan-Nya Ia berkuasa (Selasa, 40:1-11) dan Allah kekal menguatkan yang lelah dan memberi kekuatan baru (Rabu, 40:25-31).
Ketiga, mulai Kamis pekan kedua Adven bacaan Injil menampilkan Yohanes Pembaptis dan Maria. Baca an pertama pada Kamis dan Jumat pekan kedua Adven masih diambil dari Kitab Nabi Yesaya, tetapi bacaan pertama tak lagi menentukan Injil, melainkan sebaliknya. Bacaan pertama disesuaikan dengan sosok Yohanes Pembaptis dan Maria, serta diambil dari kitab lain dari Perjanjian Lama untuk mendukung Injil.
Keempat, pada pekan terakhir sebelum Natal dipilihlah bacaan Injil dari Matius bab 1 dan Lukas bab 1 yang mempersiapkan orang menyambut kelahiran Yesus Kristus, Sang Mesias. Bacaan pertama diambil dari bacaan-bacaan yang membantu mengerti jati diri Mesias. Inilah persiapan jangka pendek merayakan kedatangan Yesus yang pertama di Betlehem. Dari bacaan-bacaan Injil, ditampilkanlah sosok Yohanes Pembaptis, Maria, dan Yosef, yang mengantar kita mengenal secara lebih dekat Sabda yang menjadi manusia. Persiapan batin Maria dan Yosef menjadi teladan paling baik saat menyambut kedatangan Sang Sabda, yaitu membangkitkan pengharapan, taqwa dalam iman, sikap tobat, dan berpaling kepada Allah, berjaga-jaga, kemurnian hati, serta penghargaan atas martabat orang lain.
Petrus Maria Handoko CM
Sumber: Majalah HIDUP Edisi No. 48 Tanggal 29 November 2015

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*