Artikel Terbaru

Maria Menurut Lukas

Ilustrasi Dok. HIDUP
Maria Menurut Lukas
Mohon Beri Bintang
HIDUPKATOLIK.comMengapa Lukas dalam Injilnya tidak menyebut Maria sama sekali dalam peristiwa kubur kosong, tetapi tiba-tiba menyebut Maria dalam Kis 1:14? Apakah sesudah itu Maria tidak berperan apa-apa sehingga tidak disebut lagi sama sekali?
Gabriel Itosukmana, Bogor
Pertama, penginjil Lukas selalu memandang Maria sebagai seorang murid Yesus, bahkan sejak pengandungan Yesus. Dalam Luk 8:19-21, Lukas juga menunjukkan bahwa Maria, bersama dengan saudara-saudara Yesus, memenuhi tolok ukur keluarga eskatologis Yesus. Juga penginjil Yohanes melihat Maria sebagai murid yang percaya saat penyaliban. Yohanes juga menggabungkan Maria ke dalam keluarga para murid yang terkasih (Yoh 19:25-27). Kesamaan pandangan Lukas dan Yohanes meneguhkan bahwa sejak awal Maria sudah menjadi bagian dari Gereja. Tidak disebutkan Maria dalam Kisah Para Rasul selanjutnya, mungkin bisa diartikan bahwa Lukas hanya mengetahui sedikit sekali tentang peran Maria dalam komunitas para murid atau bahwa perhatian utama tidak terarah pada Maria tetapi pada perkembangan Gereja.
Kedua, penyebutan Maria dalam rangka menunggu kedatangan Roh Kudus, meskipun hanya sekali saja, menjadi sangat penting karena Lukas mengenal Maria yang sudah akrab bergaul dengan Roh Kudus. Sudah sejak pewartaan Kabar Sukacita, Maria mengenal Roh Kudus secara lebih dekat dan bahkan dinaungi kuasa Roh Kudus (Luk 1:35). Keterbukaan Maria menyambut Roh Kudus dinyatakan dalam penyerahannya, “Aku ini hamba Tuhan, terjadilah padaku menurut perkataan- Mu.” (Luk 1:38). Perjumpaan dan pergumulan Maria dengan Roh Kudus tidak terjadi hanya sekali itu saja, tetapi berlangsung terus-menerus sepanjang hidup dan berpuncak saat Yesus tergantung di salib.
Pengalaman Maria bergaul dan bergumul dengan Roh Kudus yang begitu kaya dan intens itulah yang kiranya menjadi alasan Lukas melihat peran Maria yang ikut menentukan kelahiran Gereja. Bisa diperkirakan bahwa Maria membagikan pengalaman yang kaya tentang Roh Kudus kepada para Rasul supaya mereka dapat menyiapkan diri sebaik-baiknya menyambut kedatangan Roh Kudus. Tiga puluh empat tahun sebelumnya, Maria sudah menerima naungan Roh Kudus yang membawa kelahiran Yesus Kristus. Dalam Kis 1:14, Maria menyiapkan para rasul menyambut Roh Kudus yang sama, sehingga Gereja, yaitu Tubuh Mistik Kristus bisa juga dilahirkan. Maria melahirkan Yesus Kristus, Sang Kepala. Maria juga ikut melahirkan Gereja, Tubuh Mistik-Nya. Dengan demikian, Maria menjadi ibu dari komunitas para murid Yesus. Jika demikian, kita bisa membandingkan Kis 1:14 dengan Yoh 19:25-27. Kedua teks itu menyatakan Maria menjadi ibu dari para murid Yesus yang terkasih.
Apakah dalam Bulan Maria (Mei) maupun Bulan Rosario (Oktober) kita boleh mengisi dengan doa novena Bunda Maria? Bagaimana jika diisi dengan rosario pembebasan?
Yulina Saraswati, Sidoarjo
Pertama, tidak ada rambu-rambu pengisian acara doa lingkungan pada Bulan Maria (Mei) dan Bulan rosario (Oktober). Karena itu, bentuk devosi yang digunakan pada kedua bulan itu tidak dibatasi. Ada beberapa lingkungan yang memanfaatkan doa lingkungan setiap hari untuk mendoakan doa rosario, litani Santa Perawan Maria, dan kemudian ditambah dengan aneka novena, misal novena Maria Medali Wasiat, kemudian dilanjutkan dengan novena Tiga Salam Maria dan disusul dengan novena Maria Penolong Abadi. Masing- masing novena itu didoakan selama sembilan hari berturut-turut, sehingga hanya tersisa tiga atau empat hari. Sisanya bisa diisi dengan doa Marian yang lain.
Kedua, doa rosario pembebasan memang menggunakan rosario, tetapi tidak bersifat Marian. Karena itu, kurang tepat jika menggunakan doa rosario pembebasan untuk mengisi doa lingkungan pada Mei dan Oktober. Untuk doa lingkungan pada kedua bulan itu, sebaiknya tetap menggunakan rosario Santa Perawan Maria yang dianjurkan Gereja dan yang sudah menghasilkan banyak orang kudus.
Petrus Maria Handoko CM
Sumber: Majalah HIDUP Edisi No. 43 Tanggal 25 Oktober 2015

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*