Artikel Terbaru

Penampakan Yesus kepada Paulus

[NN]
Penampakan Yesus kepada Paulus
Mohon Beri Bintang
HIDUPKATOLIK.comPaulus bukan termasuk kedua belas rasul, tapi mengapa Paulus menyatakan sudah bertemu dengan Yesus (1 Kor 9:1) dan mendapat pengajaran langsung dari Yesus (Gal 1:12)?
Ratna Puspitasari, Malang
Pertama, Paulus bertemu dengan Yesus dalam perjalanan ke Damsyik. Dalam Kis 9:3-19 tentang pertobatan Saulus memang tidak dikatakan secara eksplisit bahwa Saulus berjumpa secara pribadi dengan Yesus. Yang dilukiskan adalah dialog antara Saulus dengan suara yang bertanya kepada Saulus. Tetapi juga sudah dinyatakan identitas yang menampakkan diri, “Akulah Yesus yang kauaniaya itu” (ay 4-6). Dalam kisah pertobatan yang kedua (Kis 22:6-16), identitas itu diperjelas, “Yesus, orang Nazaret, yang kau aniaya.”
Penampakan Yesus dikatakan secara lebih eksplisit dalam kisah pertobatan yang ketiga dan disertai dengan tujuan penampakan itu, “Aku menampakkan diri kepadamu untuk menetapkan engkau menjadi pelayan dan saksi tentang segala sesuatu yang telah kaulihat daripada-Ku dan tentang apa yang akan Kuperlihatkan kepadamu nanti” (Kis 26:12-18). Kisah ketiga ini secara sangat eksplisit menyatakan perjumpaan Paulus dengan Yesus.
Perjumpaan secara pribadi dengan Yesus dalam perjalanan ke Damsyik inilah yang seringkali dirujuk Paulus dalam surat-suratnya, “Bukankah aku telah melihat Yesus, Tuhan kita?” (1 Kor 9:1; bdk. Gal 1:16), juga “Ia menampakkan diri juga kepadaku.” (1 Kor 15: 8).
Kedua, perjumpaan Paulus dengan Yesus bukan hanya sekedar sebuah pertemuan, tetapi dalam perjumpaan itu Yesus memilih dan melengkapi Paulus dengan hal-hal yang perlu untuk menjadi saksi tentang Yesus (Kis 26:16). Yesus bukan hanya memberikan pengajaran lisan kepada Paulus, tetapi juga membawa Paulus mengalami (Kis 26:16 : “Kuperlihatkan”) hal-hal yang perlu (Kis 9:16 : “Aku sendiri akan menunjukkan kepadanya, betapa banyak penderitaan yang harus ia tanggung oleh karena nama-Ku”). Pengalaman eksistensial bersama Yesus dilukiskan dengan ungkapan “kaulihat dan kaudengar” (Kis 22:15). Semua itu dilengkapkan dalam diri Paulus agar Rasul Agung ini bisa menjadi saksi Kristus yang handal dan tak kalah dengan rasul-rasul Yesus yang lain. Pengajaran ini diberikan secara langsung oleh Yesus (Gal 1:12 : “Karena aku bukan menerimanya dari manusia, dan bukan manusia yang mengajarkannya kepadaku, tetapi aku menerimanya oleh penyataan Yesus Kristus”; bdk. Gal 1:1). Ananias adalah orang kiriman Allah untuk menyembuhkan dan mengarahkan Paulus, tapi tidak menjadi pengajarnya (Kis 9:10-19; 22:12-16).
Apakah Injil Barnabas itu? Mengapa Injil Barnabas tidak disetujui Gereja Katolik?
Yulina Lawanti, 087859527xxx
Pertama, ada sebuah “Injil Barnabas” yang disebut dalam daftar injil-injil apokrif, yang kemudian dikenal sebagai Surat Barnabas. Surat ini ditulis sekitar 125 Masehi di Mesir. Tetapi tulisan maupun isinya tidak diketahui sama sekali.
Kedua, ada sebuah tulisan lain yang dinamakan Injil Barnabas. Isi, jenis satra, struktur intern dan bahasa menunjukkan bahwa buku itu tidak mungkin disusun sebelum 1300. Naskah Injil ini ditemukan pada 1709 di Amsterdam, Belanda, dan sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia (1980). Injil ini tidak berkaitan sama sekali dengan Rasul Barnabas, sahabat Paulus. Bisa dipastikan bahwa Injil ini dikarang di Italia dan menggunakan banyak frase dari tulisan Dante Alighieri. Bahasa yang dipakai bahasa Italia dan Spanyol. Diperkirakan Injil ini ditulis seorang Yahudi yang semula beragama Katolik, tapi berubah menjadi Islam.
Melihat isi, Injil Barnabas adalah perpaduan antara keempat Injil resmi dengan ditambahkan kutipan- kutipan Al-Quran dan Hadith. Injil Barnabas mengajarkan bahwa Yesus bukanlah Mesias, dan bahwa kedatangan Muhamad sudah diramalkan dalam Injil. Yesus ditampilkan sebagai utusan yang mempersiapkan kedatangan Muhamad, seperti Yohanes Pembaptis mempersiapkan kedatangan Yesus.
Petrus Maria Handoko CM
Sumber: Majalah HIDUP Edisi No. 38 Tanggal 20 September 2015

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*