Artikel Terbaru

KOMOR KAJ: Tuts-Tuts Pelayanan

Sebagian anggota KOMOR KAJ saat betugas di Paroki Kemakmuran.
[NN/Dok.Pribadi]
KOMOR KAJ: Tuts-Tuts Pelayanan
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comDari ketertarikan yang sama terhadap musik, terlebih terhadap alat musik organ dan kemauan melayani, KOMOR KAJ terbuka untuk memberikan bantuan kepada Paroki yang memerlukan pemain organ.

Akhir Oktober lalu, Gereja Bunda Hati Kudus Kemakmuran, Jakarta Pusat, kedatangan tamu. Tamu itu berjumlah sekitar 30 orang. Mereka mendatangi Paroki yang digembalakan para imam Misionaris Hati Kudus Yesus (Societas Missionariorum Sacratissimi Cordis Jesu/MSC) untuk mengiringi Misa. Orang-orang ini tergabung dalam Komunitas Organis Keuskupan Agung Jakarta (KOMOR KAJ). Kesempatan KOMOR KAJ menyambangi Paroki Kemakmuran berkat undangan seorang rekan mereka yang adalah umat Paroki Kemakmuran.

Kebiasaan para organis ini mendatangi sebuah Paroki untuk menanggung kor sudah jadi cerita lama. Bahkan, kalau lagi menanggung kor di sebuah Paroki, setiap lagu sepanjang Misa diiringi secara bergantian; satu lagu, satu organis.

Salah satu penggagas KOMOR KAJ Ricard Anthony Rambung mengatakan, usia anggota komunitas ini tergolong usia produktif, terentang antara 21 sampai 42 tahun. Di antara mereka ada yang masih kuliah, ada pula yang sudah bekerja. Dari jenis profesi, di antaranya ada yang bekerja sebagai guru piano, dokter, dosen, IT Engineer, musisi jazz, dan lain-lain. Tapi soal semangat pelayanan, jangan ditanya. Meski sibuk dengan pekerjaan atau kuliah, talenta bermusik tetap mereka bagikan gratis kepada umat di Paroki-paroki KAJ.

Musisi Gereja
Delapan tahun lalu, sekitar 2009, berseliweran keluhan di Paroki-paroki KAJ soal kekurangan tenaga organis. Kor Misa di beberapa Paroki mengalami kesulitan untuk mencari pemain organ. Baik paroki maupun komunitas paduan suara sering berkeluh-kesah karena sulit mencari organis. Keluhan itu sampai ke telinga Ryan, panggilan Ricard Anthony Rambung.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*