Artikel Terbaru

Rumah Tuhan Berjarak Puluhan Kilometer

Umat Lingkungan St Ignatius Loyola Cikupa, Paroki Citra Raya, mengadakan latihan kor.
[NN/Dok.Pribadi]
Rumah Tuhan Berjarak Puluhan Kilometer
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comPuluhan kilometer harus ditempuh umat untuk ke gereja. Rumah Tuhan terasa jauh, tapi semangat merayakan Ekaristi tetap ada.

Tiap akhir pekan, segudang gundah datang melilit hati Sugyanta. Bagaimana tidak ia mau bertemu Tuhan saja susah. Katanya Tuhan ada di mana-mana. Kalau ingin berjumpa tidak harus ke gereja. Tapi ia sadar, iman mesti dirayakan secara communio, dan gereja adalah tempatnya. Ia harus ke gereja bersama keluarga. Tapi kalau ke gereja, ia harus menempuh jarak puluhan kilometer; gonta-ganti angkot pula.

Sugyanta adalah umat Paroki St Yohanes Maria Vianney Cilangkap, Jakarta Timur. Rumah tinggalnya di Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Sesuai administrasi Paroki Cilangkap, Sugyanta dan umat Katolik Harjamukti tergabung di Lingkungan St Paulus, Wilayah IX. Sugyanta dipercaya sebagai Ketua Lingkungan. Lingkungan ini merupakan salah satu teritori paling selatan dari Paroki Cilangkap, berbatasan langsung dengan Paroki St Servatius Kampung Sawah, Bekasi dan Paroki St Thomas Kelapa Dua, Depok.

Setiap Minggu, kalau umat mau mengikuti Misa di Gereja St Yohanes Maria Vianney Cilangkap, harus menempuh perjalanan sekitar satu jam naik motor. Kalau pakai mobil, pasti lebih lama karena jalanan macet. “Tapi tidak semua umat punya kendaraan bermotor,” ujar Sugyanta.

Bagi umat yang mau ngangkot, harus ganti angkot empat kali. Dari daerah Harjamukti mereka naik angkot ke Pondok Ranggon, lalu lanjut ke Cilangkap. Dari Cilangkap, mereka menumpang angkot ke Cipayung, kemudian ganti ke angkot yang melintas di Jl. Bambu Wulung, lokasi Gereja Cilangkap.

Pengalaman serupa juga dialami Theo Alyandru, Ketua Lingkungan Soegijapranata. Dulu, Lingkungan ini masuk Paroki Kalvari Lubang Buaya. Tapi karena jarak cukup jauh, umat minta pindah ke Paroki Cilangkap. Perpindahan ini baru beberapa bulan lalu sehingga masih banyak hal yang perlu diselesaikan. Alyandru mengakui, meski lebih dekat ke Cilangkap tidak berarti akses mudah.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*