Artikel Terbaru

Gus Dur: Optimis Memandang Indonesia

Joko Widodo
[fpconference.org]

HIDUPKATOLIK.com – Presiden RI Joko Widodo menyampaikan pidato saat haul ketujuh meninggalnya Gus Dur. Jokowi mengisahkan pengalaman kedekatannya dengan Gus
Dur. Inilah petikan:

Saya ingat pada Kamis, 26 September 2013 di Wahid Institute, Ibu Sinta Nuriyah memberikan peci yang biasa dipakai Gus Dur kepada saya. Tadi pagi ada yang mengingatkan saya agar mengenakan peci itu. Tetapi karena saya simpan di Solo waktunya tidak cukup untuk membawa ke sini. Pemberian peci itu menjadi pengingat buat saya untuk selalu berusaha meneladani Gus Dur. Meneladani ketulusan beliau yang menjaga silaturahim yang melampaui sekat-sekat yang ada. Hidup dan perjuangan Gus Dur sejalan dengan misi utama Nabi Muhammad SAW yang menuntun manusia ke akhlak mulia dan membuka rahmat bagi seluruh alam. Selama hidupnya Gus Dur selalu mengingatkan kepada kita bahwa bangsa Indonesia adalah milik kita bersama, bukan milik golongan dan bukan milik perseorangan.

Saya percaya Gus Dur pasti gemes, gregetan kalau ada sekelompok yang meremehkan konstitusi dan mengabaikan kemajemukan kita dengan aksi kekerasan, radikalisme, dan terorisme. Terkadang kita tidak dapat mengerti dan tidak bisa membedakan mana yang kritik, mana yang menghina, mana yang menghasut dan mana yang menghujat. Kalau Gus Dur masih hidup pasti dia mengatakan, kita masih seperti anak-anak TK.

Seharusnya kita bersyukur bahwa ketika banyak negara goyah mencari pedoman hidup, kita mempunyai Pancasila. Gus Dur selalu optimis dalam memandang Indonesia. Ketika harus mengambil keputusan rumit saya selalu teringat kata-kata beliau, “Gitu aja kok repot”.

Yusti H. Wuarmanuk

Sumber Tulisan: Majalah HIDUP Edisi 3 Tanggal 15 Januari 2017

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*