Artikel Terbaru

Bukti Baru

Bukti Baru
Mohon Beri Bintang
HIDUPKATOLIK.com – Cikal bakal Majalah HIDUP, awalnya dimulai dari sebuah lembaran informasi Gereja Katedral Jakarta. Lembaran itu diberi nama De Kathedral. Isinya berupa jadwal Misa dan kegiatan seputar Paroki Katedral Jakarta. Beberapa tahun kemudian De Kathedral berubah bentuk menjadi lembaran empat halaman dengan nama Kerkelijk Weekblad (KW). Berdasarkan pencarian dokumen yang ada, pada medio akhir Desember ini, ditemukan sebuah bukti baru bahwa KW yang tersimpan di Perpustakaan Majalah HIDUP ternyata ada yang terbit tahun 1940 atau 75 tahun lalu. Isinya menggunakan bahasa Belanda dan terbit setiap hari Jumat. Pada 5 Januari 1947, KW berganti nama menjadi De Katholieke Week(DKW) dengan menggunakan dwi bahasa yaitu Bahasa Belanda dan Indonesia ejaan lama.

Dalam sejarah pemilihan hari kelahiran Majalah HIDUP, para perintis HIDUP mengambil tahun kelahiran KW, yang waktu itu berdasarkan dokumen yang ditemukan, adalah terbitan 1946. Tahun 1946 itu kemudian dipakai sebagai tahun kelahiran dan memakai tanggal peluncuran DKW (5 Januari) sebagai hari kelahiran Majalah HIDUP.

Lewat temuan baru tersebut, bisa disimpulkan bahwa sebenarnya KW sudah terbit – berdasarkan dokumen terbaru itu – sejak 1940 Artinya, usianya sudah 75 tahun.

Usianya memang tidak muda lagi. Namun menginjak usia tua itu, HIDUP terus tertantang untuk berbenah agar bisa menarik pembacanya. Langkah-langkah meremajakan diri sedang dilakukan. Mulai dari mendesain ulang sampul, halaman, pemilihan isi, bahasa, gaya penulisan, dan lain-lain. Anda diundang untuk memberikan masukan untuk perbaikan itu.

Redaksi

Sumber Tulisan: Majalah HIDUP Edisi 1 Tanggal 3 Januari 2016

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*