Artikel Terbaru

Total Melayani Gereja

Pelayanan: Adji saat mendampingi anak-anak Sekami Stasi St Vincentius Gunung Putri, Bogor.
Total Melayani Gereja
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comKaum muda mestinya menjadi tulang punggung pelayanan di Gereja. Meski banyak yang melupakan peran itu, masih ada orang muda yang setia melayani secara total.

Hidup hendaknya melupakan sikap acuh tak acuh dan berusaha peka terhadap sesama. Sikap acuh dan kecenderungan egosentrisme menumpulkan kepekaan nurani terhadap sesama. Inilah refleksi Thomas Antonius Dwiadji Kristianto, orang muda dari Paroki Keluarga Kudus Cibinong tentang pelayanan.

Aneka pelayanan Gereja tak lain bertujuan menumbuhkan iman, kepercayaan, dan kasih kepada sesama. “Kasih itulah jembatan hidup manusia untuk lepas dari berbagai perbedaan dalam kehidupan kaum muda,” ujar Adji, sapaannya. Ketua OMK Stasi Gunung Putri ini memaparkan, semangat berbagi tak melulu terkait materi, tapi juga yang rohani. Kaum muda Katolik mestinya menyadari tugas ini sejak dibaptis. Namun acapkali, mereka sibuk urusan duniawi, mengesampingkan dan bahkan melupakan yang esensial ini.

Semangat berbagi ini tak bisa diukur hanya dalam karya di Gereja, tapi juga dalam dunia pekerjaan dan lingkungan tempat tinggalnya. Menjadi saksi Kristus tak harus dalam Gereja, tapi berani keluar di tengah masyarakat. “Dalam konteks ini, kaum muda jangan malu menunjukkan diri sebagai orang Katolik di masyarakat,” tegasnya.

Kadang, kaum muda banyak menuntut Gereja. Padahal Gereja menyediakan banyak kesempatan bagi mereka berkembang dan melayani. Harapannya, kaum muda Katolik dapat menjadi saksi perjuangan dan pertumbuhan Gereja di zaman ini. “Kalau bukan kaum muda, siapa lagi yang bisa menjadi saksi Kristus di masa mendatang?” kata Adji.

Melawan Lupa
Sementara Venantius Vladimir Ivan Pratama, pelatih teater dari Paroki St Antonius padua Bidaracina merefleksikan begitu kayanya potensi kaum muda Katolik. Ia yakin, tiap orang punya talenta masing-masing; dan tak ada alasan menolak rahmat ini. Namun banyak orang mengeluh karena berbeda dan tak bisa seperti orang lain.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*