Artikel Terbaru

Pastor Jozef Kurkowski SCJ: Buah Cinta untuk Indonesia

Jozef Kurkowski SCJ
[HIDUP/Stefanus P. Elu]
Pastor Jozef Kurkowski SCJ: Buah Cinta untuk Indonesia
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comKurang lebih 45 tahun Pastor Jozef Kurkowski SCJ bermisi di Indonesia. Polandia, negara asalnya, menganugerahkan Order Polonia Restituta kepada dia.

Kamis, 10 November 2016, bisa jadi adalah salah satu hari yang paling menyenangkan bagi Pastor Jozef Kurkowski SCJ. Saat masyarakat Indonesia merayakan Hari Pahlawan, Pastor Jozef menerima penghargaan Order Polonia Restituta. Penghargaan dari pemerintah Polandia ini dalam bahasa Polski disebut Order Odrodzenia Polski.

Order Polonia Restituta adalah penghargaan resmi yang dikeluarkan pada 4 Februari 1921. Di Polandia, penghargaan ini menempati urutan kedua setelah White Eagle Order. Order Polonia Restituta diberikan kepada masyarakat sipil Polandia yang berjasa besar di bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, olahraga, budaya, seni, ekonomi, pertahanan negara, sosial, layanan sipil, dan atau membawa nama baik Polandia di negara lain.

Pastor Jozef adalah misionaris Kongregasi Imam-Imam Hati Kudus Yesus (Sacerdotum a Sacro Corde Iesu/SCJ) asal Polandia. Ia bermisi di Indonesia sejak 1971. Ia menerima penghargaan ini bersama tiga koleganya, yakni Pastor Herbert Henslok SCJ, Pastor Andrzej Lukasik SCJ, dan Pastor Tadeusz Laton SCJ. Penghargaan itu diberikan oleh Presiden Polandia Andrzej Duda lewat Duta Besar Polandia untuk Indonesia Tadeusz Szumowski di Jakarta. Malam seremoni penyerahan dihadiri Nunsius Apostolik untuk Indonesia Mgr Antonio Guido Filipazzi.

Penghargaan serupa juga pernah diterima para misionaris Societas Verbi Divini (SVD) asal Polandia. Pada 2012 para penerima penghargaan adalah Pastor Czeslaw Osiecki SVD, Pastor Stanislaw Wyparło SVD, dan Pastor Tadeusz Piech SVD. Pada 2015 mereka adalah Pastor Stefan Worosz SVD dan Pastor Włodzimierz Gorgon SVD. Sementara pada 2016, yang menerima adalah Pastor Stanis Ograbek SVD, Pastor Tadeuszowi Grucy SVD, Pastor Józefowi Glince SVD, dan Pastor Stanisławowi Pikorowi SVD.

Benih Panggilan
Pastor Jozef berkarya di Indonesia kurang lebih 45 tahun. Dari keempat imam SCJ yang menerima penghargaan, Pastor Jozef adalah yang termuda. Saat ditemui di Gereja St Barnabas Pamulang, Tangerang Selatan, akhir tahun lalu, Pastor Jozef mengisahkan perjalanan panggilannya hingga bermisi ke Indonesia.

Panggilan Pastor Jozef tumbuh sejak di sekolah dasar. Waktu itu, rumah mereka sangat jauh dari pusat Paroki, sekitar lima kilometer. Setiap Minggu, Pastor Parokinya, Pastor Marian Luczyk datang ke sekolahnya untuk mengajar agama Katolik. Saat hendak pulang, Pastor Marian biasa mampir ke rumahnya. Jozef kecil kerap dipangku dan diberi permen.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*