Artikel Terbaru

Yesus Anak Domba Allah

Yesus Anak Domba Allah
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comKetika Yohanes Pembaptis menunjuk Yesus sebagai Anak Domba Allah, gambaran anak domba mana yang dimaksudkan Yohanes Pembaptis? Apa artinya? Apakah gambaran Anak Domba ini juga merujuk pada Anak Domba yang dikatakan dalam kitab Wahyu?

Cecilia Tretasani Millawati, Malang

Pertama, gambaran anak domba seringkali dipakai dalam Perjanjian Lama, baik karena sifat-sifatnya yang polos, lembut, sederhana, manis (bdk. Mat 11:29; 2 Kor 10:1) maupun karena sikapnya yang tergantung pada gembala (Mzm 23; 100:3; Yes 40:11). Anak domba juga banyak dipakai sebagai bahan korban (bdk. Kej 22:7-8; 29:38-41; Bil 28:1-8; Im 14:10-32) untuk dipersembahkan kepada Allah. Anak domba juga digunakan untuk pesta Paska (Im 23:12; Bil 28:19) dan Pesta Pentakosta (Im 23:18-21; Bil 28:27; 29:2). Pada setiap kesempatan besar, anak domba merupakan bagian upacara korban (1 Taw 29:21; 2 Taw 29:21-22).

Kedua, penggunaan anak domba sebagai korban terkait erat dengan sejarah pembebasan Israel, yaitu pengorbanan anak domba Paskah (Kel 12). Kata “pascha” (Ibr) bahkan bisa berarti baik pestanya maupun anak domba korban (bdk. Mrk 14:12; Luk 22:7-11; Yoh 18:28). Anak Domba Paska inilah gambaran yang dirujuk oleh Yohanes Pemandi ketika menunjukkan Yesus kepada murid-murid-Nya. Yohanes menegaskan identitas Yesus sebagai Anak Domba seperti yang digambarkan dalam Kel 12. Penunjukan Yesus secara langsung dan tegas sebagai Anak Domba Paska bisa ditemukan pada 1 Kor 5:7, “Sebab Anak Domba Paskah kita juga telah disembelih, yaitu Kristus.”

Ketiga, sesuai dengan konteks Kel 12, Anak Domba merupakan simbol pembebasan yang dilakukan Allah bagi bangsa terpilih. Penunjukan Yesus sebagai Anak Domba hendak mengatakan bahwa Dia-lah yang akan membawa pembebasan. Pembebasan kali ini bukan dari penjajahan tetapi pembebasan dari penindasan dosa, seperti dikatakan oleh Yohanes, “Lihatlah Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia” (Yoh 1:29).

Perlu diperhatikan bahwa Anak Domba bukan hanya bertindak sebagai Pembebas, tetapi Dia jugalah yang menjadi korban yang disembelih. Darah Anak Domba itulah yang dioleskan pada jenang pintu sebagai tanda keselamatan seluruh bangsa (Kel 12). Pada peristiwa Kalvari, darah Yesus Sang Anak Domba Allah itulah yang dialirkan di salib dan menjadi tanda keselamatan bagi seluruh umat manusia.

Inilah simbol yang ditampilkan secara sangat jelas oleh Injil Yohanes, yaitu bahwa Yesus adalah Anak Domba Allah yang dipersembahkan sebagai pembebasan dosa, seperti halnya Anak Domba Paska (Yoh 18:28; 19:14). Yesus adalah korban yang sempurna untuk silih dan pembebasan dosa sehingga korban-korban lain menjadi tidak berarti lagi. Injil Sinoptik mengkaitkan pengorbanan Yesus ini dengan korban Hamba Yahwe. Hamba itu dilukiskan sebagai domba (Yes 53:7).

Keempat, gambaran Anak Domba dalam kitab Wahyu berbeda dengan gambaran di atas, tetapi melengkapi. Sulit dipastikan apakah Yohanes Pembaptis juga memiliki konsep Anak Domba seperti yang ada dalam kitab Wahyu. Dalam kitab Wahyu ditegaskan sifat-sifat lain dari Anak Domba yaitu memurnikan jubah menjadi putih (7:14), mengantar ke sumber kehidupan (7:17). Anak Domba adalah panutan dan contoh (14:4), dan Anak Domba berkuasa dan berkekuatan yang disimbolkan oleh tujuh tanduk dan tujuh mata (5:6). Anak Domba itu juga berwibawa. Buku kehidupan adalah milik-Nya (13:8; 21:27). Anak Domba adalah pemenang. Mereka yang memberontak kepada-Nya akan dihancurkan (14:10; 17:14). Dia-lah penguasa sejarah dan hanya Dia-lah yang mampu membuka buku kehidupan (6:1). Dia merupakan tumpuan nasib semua orang. Anak Domba itu disembah dan dipuja (5:12-16). Para penatua dan mereka yang diselamatkan memuji-Nya (5:8; 7:9). Di masa depan tiada lagi kenisah di Yerusalem. Allah dan Sang Anak Domba merupakan kenisah (21:22). Sang Anak Domba adalah terang-Nya (21:29). Ia mengambil bagian dalam kemuliaan Allah.

Petrus Maria Handoko CM

Sumber Tulisan: Majalah HIDUP Edisi 5 Tanggal 29 Januari 2017

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*