Artikel Terbaru

Natal tak Batal

Natal tak Batal
1 (20%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – Pada peringatan Hari Toleransi Internasional, 16 November lalu, Setara Institute menyatakan bahwa Pematangsiantar, Salatiga, Singkawang, Manado, dan Tual sebagai kota yang sangat toleran. Indeks Kota Toleran 2015 ini merupakan hasil penelitian 94 kota dari total 98 kota di seluruh Indonesia. Dalam penelitian, di kelima kota tersebut tidak ditemukan peraturan daerah yang diskriminatif serta rencana pembangunan jangka menengah di kota tersebut mendorong jaminan kebebasan berkeyakinan dan beragama. Di lima kota ini juga tidak ditemukan kasus-kasus intoleransi.

Setara Institute menyebutkan bahwa Bogor, Bekasi, Banda Aceh, Depok, dan Tangerang merupakan kota yang sangat intoleran. Hal itu karena banyak kasus yang menyangkut kebebasan beragama dan berkeyakinan di kelima kota tersebut.

Kita tentu masih ingat dengan kasus di Tolikara, Papua dan Singkil, Aceh, serta kasus-kasus kebebasan beragama dan berkeyakinan yang lain, yang hingga kini tak menemukan ujung solusi. Dalam setiap konflik atas nama agama, selalu ditemukan akar persoalan yang tidak melulu persoalan perbedaan agama atau keyakinan; ada kepentingan ekonomi, budaya, atau politik yang melingkari kasus tersebut.

Meski demikian, kita masih bisa bernapas lega, lantaran Bayi Yesus juga lahir dalam suasana sengkarut politik dan budaya. Penginjil Matius mengisahkan bahwa penguasa politik kala itu tidak menghendaki Yesus lahir. Ia mengeluarkan fatwa agar semua bayi dibunuh. Kelahiran Yesus pasti penuh risiko. Tapi, Dia tetap hadir ke dunia. Dia hadir dalam carut marut dunia. Karena Sabda harus menjadi Daging, agar Kerajaan Allah yang penuh dengan persaudaraan sejati dan kasih terwujud.

Natal tak akan batal. Dia akan selalu hadir untuk membarui muka bumi. Dia juga akan menjadi penuntun bagi semua orang yang senantiasa memperjuangkan perdamaian dan persaudaraan sejati.

Redaksi

Sumber Tulisan: Majalah HIDUP Edisi 52 Tanggal 27 Desember 2015

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*