Artikel Terbaru

Beato Daudi Okelo – Jildo Irwa: Darah Martir Dua Katekis Belia

Beato Daudi Okelo dan Beato Jildo Irwa.
Beato Daudi Okelo – Jildo Irwa: Darah Martir Dua Katekis Belia
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Kecintaan kepada Kristus membuat dua katekis muda ini berani diutus ke desa terpencil di Uganda Utara. Berkat mereka banyak anak dibaptis dan misi Katolik semakin berkembang.

Dua katekis muda menyusuri jalan penuh bahaya menuju Desa Paimol, 80 kilometer dari Kitgum. Sepanjang jalan mereka mendaraskan Rosario. Tak ada rasa takut pada katekis muda ini.

Di Paimol, mereka menolak rumah, makanan dan minuman gratis yang disuguhkan umat. Mereka membangun rumah seadanya dan membuka ladang. Mereka ingin kehadiran mereka sungguh-sungguh melayani bukan dilayani.

Pada pagi hari mereka membunyikan lonceng untuk membangunkan anak-anak agar berdoaLok Odiko (doa pagi) dan mendengarkan Firman Tuhan. Mereka juga menyiapkan katekumen dan membaptis sejumlah anak.

Misi mereka membuahkan hasil. Banyak orang meninggalkan kepercayaan tradisional. Mereka juga meninggalkan kepercayaan pada dukun-dukun untuk memeluk Kristus. Namun pelayanan dua katekis muda ini terhenti oleh kelompok Abbas, pemberontak Islam.

Minggu, 20 Oktober 1918, pemberontak Abbas menangkap dan melarang keduanya menyebarkan agama Katolik. Keduanya bersikeras dan menolak. Keduanya dibunuh dengan cara ditikam menggunakan tombak. Mereka wafat sebagai martir Kristus.

Sikap heroik ini membuat keduanya dibeatifikasi pada 20 Oktober 2002 oleh Paus Yohanes Paulus II. Mereka dikenang sebagai Martir Uganda.

Berkat Misionaris
Daudi Okelo dikenal sebagai penggembala sapi dan kambing. Sama seperti anak-anak Uganda pada umumnya. Daudi tak pernah mengecap pendidikan dasar, apalagi soal keagamaan. Lodi dan Amona, orangtuanya adalah kafir dan masih percaya pada dukun. Meski demikian, kelahiran Desa Gulu, Kitgum tahun 1902 ini sangat rendah hati. Ia dikenal sebagai pribadi yang berperasaan halus dan gemar membantu sesama.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*