Artikel Terbaru

Selamat Natal

Selamat Natal
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Suasana paling semarak menyambut Hari Raya Natal bisa kita saksikan di mal atau pusat perbelanjaan. Para pelaku bisnis menghias propertinya dengan ornamen natal, mengobral diskon, menjajakan dagangan, dan menggelar acara pestaria. Ornamen natal seperti pakaian merah-putih ala Sinterklas, pohon natal, tatalampu dan lampion warna-warni menjadi daya tarik bagi para pengunjung.

Obral diskon, boneka Sinterklas, dan pernak-pernik natal seperti itu pasti bukan bagian dari perayaan iman umat Kristiani yang akan merayakan Natal. Gebyar-gebyar di pusat perbelanjaan dan hotel menjelang Natal tersebut semata trik bisnis untuk menarik konsumen agar mereka membelanjakan uangnya dan beriang-ria dengan pesta-pora.

Bagi umat Kristiani, Natal sebagai perayaan hari Kelahiran Sang Juru Selamat pada 25 Desember merupakan pernyataan iman. Merayakan Natal seperti ini bisa dilakukan dengan tradisi dan liturgi. Ber- bagai negara dan bangsa memiliki tradisi yang hidup untuk menyambut Natal. Masyarakat merayakan dan mehidupi tradisi itu sebagai bagian dari kehidupan dan iman mereka. Ada seremoni, doa, prosesi, festival, dan lain-lain. Tradisi Natal itu mereka hayati sebagai bagian dari upaya menumbuhkan iman.

Sedangkan dalam liturgi, Gereja Katolik mengajak segenap umat untuk mempersiapkan diri menyambut kelahiran Sang Juru Selamat, Yesus Kristus, dengan laku pertobatan selama masa penantian (Adven). Umat bukan saja diundang untuk menghadiri perayaan Ekaristi dan penyalaan lilin pada korona selama masa Adven. Mereka diajak untuk mempersiapkan diri menyambut kegembiraan Natal, yakni kedatangan Sang Juru Selamat ke dalam hati kita masing-masing.

Kristus lahir kembali di hati kita apabila kita membersihkan hati kita dengan baik. Kita akan mengalami kehadiran Kristus pada Hari Natal.

Datanglah ya Tuhan, lahirlah di dalam hati kami.

SELAMAT NATAL

Sumber Tulisan: Majalah HIDUP Edisi 51 Tanggal 20 Desember 2015

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*