Artikel Terbaru

Theresia Sudarini Soekarno: Ingin Kutukar Semua ini dengan Surga

Theresia Sudarini Soekarno.
[Susana KY]
Theresia Sudarini Soekarno: Ingin Kutukar Semua ini dengan Surga
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Wanita pertama yang menjadi wasit sepakbola di Indonesia ini juga merintis kesebelasan wanita, aktif di WKRI, mengurus perpustakaan kampung dan membuka praktik pijit.

Usianya sudah senja. Pada usia seperti ini Darini lebih mengakrabi Kitab Suci. Buku itu menjadi teman dan sandaran hidupnya. Baginya, akrab dengan Sabda Tuhan adalah sesuatu yang wajar. Sebab menurutnya, Tuhan adalah asal dan tujuan hidup.

Usia yang menggerus kebugaran raganya tak melemahkan semangatnya untuk berbagi kebaikan Tuhan kepada sesama. “Semoga saya bisa menjadi terang untuk sesama, meskipun saya sadar, cahaya yang saya pancarkan hanya samar-samar. Tetapi, biarkanlah saya menjadi berkat untuk sesama yang membutuhkan,” imbuhnya mengulum senyum.

Darini juga bersyukur seluruh karyanya mendapat dukungan dari kelima anaknya. Namun, ia lebih bersyukur kelima anaknya sudah bisa hidup mandiri dan layak. “Jika diizinkan, ingin kutukar semua karya ini dengan surga,” harap Darini sambil menaburkan pupuk kompos untuk aneka tanamannya.

Wanita wasit pertama
Theresia Sudarini Soekarno lahir di Yogyakarta, 72 tahun silam. Masa mudanya berlalu dengan prestasi gemilang. Ia adalah wanita pertama yang menjadi wasit sepakbola di Indonesia dan perintis Perkumpulan Sepak Bola Wanita Putri Mataram Yogyakarta.

Kiprahnya sebagai wasit dimulai saat suatu hari 38 tahun silam, Ketua Persatuan Sepak Bola Indonesia kala itu, Bardosono mengundang alumna Sekolah Tinggi Olah Raga Yogyakarta (kini Universitas Negeri Yogyakarta) ke markas PSSI, di Istora Gelora Bung Karno.

Jenderal bintang satu itu mendapuk Darini sebagai salah satu wasit pada Kejuaraan Soeharto Cup keempat. Alasannya, karena Darini adalah pemegang sertifikat wasit dan sempat menjadi pengadil di lapangan hijau pada pertandingan antartim di kota kelahirannya. Bardosono yakin Darini mampu menjalankan tugas sebagai wasit di Suharto Cup.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*